Beranda Ragam Google Kali Ini Bertema Perubahan Iklim, Ini Dampaknya

Google Kali Ini Bertema Perubahan Iklim, Ini Dampaknya

282
0
Perubahan Iklim
Foto: Google tema Perubahan Iklim

siarnitas.id – Perubahan iklim kali ini menjadi tema yang dibawakan oleh Google. Perubahan iklim saat ini menjadi isu global yang semakin serius dan memerlukan tindakan nyata dari semua pihak.

Perubahan iklim merupakan berubahnya iklim yang diakibatkan, langsung atau tidak langsung, oleh aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan komposisi atmosfer secara global serta perubahan variabilitas iklim alamiah yang teramati pada kurun waktu yang dapat dibandingkan.

Baca Juga : RA Lasminingrat Sosok Perempuan di Google Doodle Hari Ini, Begini Sejarah Singkatnya

Perubahan iklim itu sendiri merujuk pada perubahan pola cuaca dan lingkungan secara keseluruhan yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca.

Perubahan tersebut berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat. Karena, tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi, namun perubahan itu juga memengaruhi berbagai aspek alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian, hingga ekosistem wilayah pesisir.

Lantas, apa saja perubahan iklim yang kini menjadi tema dibawakan oleh Google?

1. Naiknya suhu bumi

Suhu bumi seiring semakin meningkat, karena dengan meningkatnya emisi gas rumah kaca. Kenaikan suhu bumi ini akan berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia, misalnya produksi makanan dan ketersediaan air bersih.

Kenaikan suhu bumi ini, banyak negara yang sudah mengalami kekeringan dan bencana alam akibat perubahan suhu yang semakin ekstrim.

2. Turunnya kualitas udara

Peningkatan kualitas polusi udara dapat menyebabkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan metana. Hal ini akan berdampak pada kesehatan manusia, terutama pada sistem pernapasan.

Banyak orang yang mengalami gangguan pernapasan akibat polusi udara yang semakin parah.

3. Pola hujan berubah

Perubahan pola hujan diberbagai daerah merupakan dampak adanya perubahan iklim, dari beberapa daerah akan mengalami kekeringan yang berkepanjangan sedangkan di tempat lain hujan turun dengan intensitas yang lebih tinggi.

Baca Juga : Honor Pantarlih di Tangsel Diduga Dipotong, Begini Respon KPU

Hal ini berdampak pada produksi makanan dan keberlangsungan hidup manusia.

4. Peningkatan bencana alam

Adanya perubahan iklim, bencana alam semakin sering terjadi dan semakin parah sehingga memakan banyak korban jiwa dan merusak infrastruktur.

Untuk mengatasi dampak perubahan tersebut, diperlukan tindakan nyata dari semua pihak. Karena, negara-negara dibelahan dunia harus bekerja sama untuk bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menggunakan energi terbarukan dan membatasi penggunaan bahan bakar fosil.

Selain itu, dengan cara menanam pohon serta mengurangi sampah plastik akan dapat mengurangi jejak karbon. Kita sebagai individu juga bisa berkontribusi dalam mengurangi dampak tersebut.

Baca Juga : Kapolri Terjunkan 148.884 Personel Operasi Ketupat 2023

Misalnya, dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan memilih untuk menggunakan transportasi umum atau bersepeda.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini