Beranda Yudikatif Kapolri Terjunkan 148.884 Personel Operasi Ketupat 2023

Kapolri Terjunkan 148.884 Personel Operasi Ketupat 2023

175
0
operasi ketupat 2023
Ilustrasi persiapan operasi ketupat 2023

siarnitas.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerjunkan sebanyak 148.884 personel dalam Operasi Ketupat 2023. Hal itu dikatakan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Kerja Komisi III DPR bersama Kapolri di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Operasi Ketupat 2023 itu dalam rangka pengamanan Idulfitri 1444 Hijriah dengan menurunkan ratusan ribu personel tersebut.

Baca Juga : Satlantas Polres Tangsel Lakukan Pendampingan ‘Ram Check’ Kendaraan Jelang Arus Mudik 2023

“Ini juga menjadi perhatian khusus kami sehingga kami melibatkan 148.884 personel yang akan kami turunkan untuk laksanakan operasi ini,” kata Sigit dalam paparannya saat rapat.

Sigit mengatakan, pihaknya akan menggelar Operasi Ketupat 2023 selama 14 hari, mulai 18 April hingga 1 Mei 2023. Selama 7 hari sebelumnya.

Polri, lanjut Sigit, akan melaksanakan Operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkaan (KRYD) mulai 10 hingga 17 April, kemudian Operasi KRYD selanjutnya juga selama sepekan, mulai dari 2 Mei hingga 9 Mei.

“Apabila kami tidak melaksanakan secara optimal, potensi kemacetan yang luar biasa tentu akan terjadi,” ujarnya.

Selain itu, Polri akan menurunkan seluruh personelnya, termasuk pejabat tinggi bintang tiga untuk disebar di lima wilayah pengendalian yang menjadi atensi.

Adapun, wilayah itu meliputi wilayah Polda Banten (Kabareskrim), wilayah Polda Metro Jaya (Kabaharkam), wilayah Polda Jawa Barat (Kabaintelkam), wilayah Polda Jawa Tengah (Kalemdiklat), dan Wilayah Polda Jawa Timur (Dankor Brimob).

Selain itu, Sigit menyebut telah membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk mempersiapkan dan melakukan rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow hingga one way, serta pengaturan penyeberangan di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

“Saat ini sudah mulai ditentukan bahwa untuk Ciwandan digunakan untuk kendaraan roda dua dan roda enam,” jelasnya.

Kapolri menegaskan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kegiatan mudik pada tahun 2022 untuk mempelajari dan melakukan perbaikan atas wilayah-wilayah yang menjadi sumber kemacetan.

“Selain itu, juga pada saat menerapkan one way dan contraflow yang tentunya ini kami evaluasi sehingga tidak membuat tempat lain, khususnya wilayah arteri mengalami kendala ataupun hambatan,” tuturnya.

Di samping itu, kata dia, penambahan dan pengaturan penundaan perjalanan, serta rekomendasi penambahan rest area atau area parkir sehingga bisa jadi tempat istirahat pemudik..

Baca Juga : Penerimaan Polri 2023 Dibuka Tanpa Dipungut Biaya, Begini Syaratnya

“Untuk kegiatan lain, kami juga akan melakukan mudik gratis sehingga mudah-mudahan ini bisa mengurangi kemacetan,” ucapnya.

Kapolri berharap Operasi Ketupat 2023 dapat terselenggara dengan baik karena diprediksi terjadi lonjakan jumlah pemudik jika dibandingkan dengan tahun 2022.

“Kita harapkan bahwa kegiatan operasi ketupat ini betul-betul bisa dilaksanakan dengan maksimal,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini