Beranda Eksekutif Vaksinasi PMK, Pemprov Banten Targetkan 5.000 Dosis di Tahun 2023

Vaksinasi PMK, Pemprov Banten Targetkan 5.000 Dosis di Tahun 2023

164
0
Pemprov Banten
Foto: Dokter sedang melakukan vaksinasi PMK untuk hewan ternak

siarnitas.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan vaksinasi untuk pengendalian dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 5.000 dosis pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pertanian Pemprov Banten, Agus M. Tauchid mengatakan, pihaknya melakukan hal tersebut lantaran adanya vaksinasi PMK Nasional 2023.

Baca Juga : Gala Dinner, 10 Finalis Puteri Indonesia Banten 2023 Tunjukan Bakat

Menurutnya, PMK masuk dan menyebar di Provinsi Banten mulai akhir Mei 2022. Maka dari itu pihaknya merampungkan untuk vaksinasi PMK di Banten sebanyak 5.000 dosis.

“Berdasarkan data, untuk progres vaksinasi PMK per 28 Januari 2023 dilaporkan sebanyak 24.527 dosis, pada tahun 2023 rencana target vaksinasi PMK di Provinsi Banten sebanyak 50.000 dosis,” kata Agus usai kegiatan vaksinasi PMK di UPTD Pengujian Pakan dan Pembibitan Ternak, Dinas Pertanian Provinsi Banten, ditulis pada Minggu (29/1/2023).

Kendala vaksinasi di Provinsi Banten, kata Agus, ternak kerbau yang dipelihara secara ekstensif/dikepar di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak serta kondisi medan yang sulit.

“Serta masih ada peternak yang menolak vaksinasi karena mengetahui ada reaksi post vaksinasi individual,” tutup Agus.

Sebagai informasi, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disebabkan oleh virus dan penyebarannya sangat cepat.

Salah satu upaya untuk pengendalian dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah melalui pelaksanaan vaksinasi pada ternak yang rentan.

Baca Juga : Harta Kekayaan 8 Kepala Daerah Provinsi Banten Terbanyak, Benyamin Davnie Luar Biasa!

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan Kick Off Vaksinasi PMK Nasional secara luring berlokasi di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh Menteri Pertanian beserta jajarannya sedangkan di Provinsi lainnya dilaksanakan secara serentak melalui daring.

Tujuan dari kick off vaksinasi ini untuk memastikan komitmen daerah dalam mendukung pengendalian dan penanggulangan PMK melalui penandaan dan vaksinasi ternak sebagai upaya untuk melindungi ekonomi peternak.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini