Beranda Ragam TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel Bersama Sie Umum BKOMS TK Selenggarakan Pentingnya...

TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel Bersama Sie Umum BKOMS TK Selenggarakan Pentingnya Merawat Gigi

101
0
BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD
Foto bersama anak-anak TK Islam Al-Azhar BSD

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Dalam mengedukasi anak-anak tentang pentingnya merawat gigi, sekolah TK Islam Al-Azhar BSD Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Sie Umum BKOMS TK menyelenggarakan kegiatan Healthy Teeth Happy Kids.

Kegiatan tersebut bertajuk “I Love My Self” yang diadakan selama dua hari dari tanggal 26-27 September 2023 di Aula TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel.

Foto: Ketua Sie Umum BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel, Elsy Octaviani

Ketua Sie Umum BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel, Elsy Octaviani mengatakan, kegiatan ini untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya merawat gigi, sikat gigi, dan pemeriksaan gigi.

Menurutnya, gigi itu penting banget untuk perkembangan anak. Sehingga, anak-anak jadi lebih mengenal pentingnya merawat gigi, menyikat gigi dengan benar.

“Dan juga anak-anak lebih mengetahui keadaan gigi mereka setelah diperiksa oleh dokter,” kata Elsy kepada redaksi siarnitas.id di lokasi pada Rabu (27/9/2023).

BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD
Foto: anak-anak TK Islam Al-Azhar BSD

“Semoga acara ini menjadi motivasi untuk anak-anak lebih care sama diri mereka sendiri tentang gigi,” sambung dia.

Hal senada juga dikatakan Kepala Sekolah TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel, Octavia Nauli mengatakan, kegiatan ini terdiri dari kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi anak.

Baca Juga : ALEXPO 2023, TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel Tampilkan Hasil Karya Daur Ulang

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang bertempat di Aula TK lantai 2 dan pendopo TK Islam Al-Azhar BSD,” ujar Nauli.

BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD
Foto: Para dokter sedang memaparkan materi merawat gigi yang baik.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Semoga kegiatan kali ini memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda,” imbuhnya.

Sementara itu, Dokter Gigi dari orang tua siswa TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel, Clara Arlita merasa sangat senang, karena dari kecil jarang sekali ada orang tua yang mau membawa anaknya tanpa keluhan ke dokter gigi.

Dirinya menuturkan, biasanya anak-anak ada keluhan, udah sakit baru dibawa. Sehingga, anak kecil biasanya menimbulkan trauma.

BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD
Foto: anak-anak sedang diajarkan menyikat gigi dengan benar.

“Jadi, sebagai dokter gigi sih senang banget. Jadi, anak-anak dikenalkan sama dokter gigi di saat gigi mereka sehat atau pengecekan,” kata Dokter Clara.

Dalam pengecekan giginya, itu seperti ada yang bolong, ada yang perlu dicabut, atau ada gigi yang mau tumbuh.

Maka dari itu, setelah adanya pemeriksaan, Dokter Clara bakal memberitahukan ke orang tuanya. Sehingga nanti pertama kali untuk menimbulkan awareness ke orang tuanya.

“Oh, anak saya giginya udah bagus, perlu dipertahankan nih sikat giginya atau, oh ada yang bolong, ada yang harus dicabut, perlu ke dokter gigi,” jelasnya.

BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD
Foto: anak-anak Islam TK Al-Azhar BSD

Dirinya berpesan orang tua murid sama anak-anak itu makin menyadari, dan mau menjaga kesehatan gigi itu bersama-sama.

“Nggak anaknya doang, nggak orang tuanya doang, tapi harus kerjasama antara orang tua,” imbuhnya.

Sementara, Dokter Gigi dari OMDC Alam Sutera, Dokter Gilang Ramadhan Gemilang mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat sekali.

“Ya terutama bagi anak-anak dengan seusia tiga sampai lima tahun, karena diusia itu adalah periode gigi susu nya sudah komplit semua, sudah keluar semua dan akan memasuki ke fase pertumbuhan gigi dewasa nya nanti, sehingga perlu edukasi yang cukup bagus untuk kelompok anak usia tiga sampai lima tahun,” kata Dokter Gilang.

Baca Juga : Walikota Tangsel Apresiasi Kegiatan SMA Islam Al-Azhar BSD

Menurutnya, dalam pemeriksaan gigi, yang pertama mungkin yang paling penting adalah tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar, waktu menyikat gigi yang cepat dan paling tepat.

“Misalkan sebelum tidur itu sangat penting untuk menyikat gigi dan sangat penting untuk kebiasaan sejak dini tentang menyikat gigi sebelum tidur,” jelasnya.

“Terutama dibagian pasta gigi sangat menganjurkan untuk pasta gigi yang mengandung floride, karena penting untuk proteksi email gigi anak sehingga gigi anak tidak gampang berlubang,” sambung dia.

Foto bersama anak-anak TK Islam Al-Azhar BSD bersama dengan Dokter gigi

Setelah adanya pemeriksaan, lanjut Gilang, nanti akan menjadi tahu tentang case di gigi masing-masing anak, apakah ada yang perlu di tambal, apakah ada yang perlu di rawat atau adakah yang perlu di cabut.

“Nah kita harapkan nanti dengan adanya rekan medis dari kita dari dokter gigi tentang apa saja yang dilakukan rencana perawatan terhadap gigi anaknya, sehingga gigi anak tadi bisa diselesaikan dengan datang ke dokter gigi,” tuturnya.

“Tetap menyikat gigi, tetap meminimalisir makan manis, seperti permen, coklat tetap di meminimalisir,” tutupnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut di sponsori oleh OMDC Alam Sutera, Cussons, PJ-TEK Mandiri, Unilever, dan Kikoleya sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini