Beranda Ragam Gejala Awal Hepatitis Akut Yang Menyerang Pada Anak

Gejala Awal Hepatitis Akut Yang Menyerang Pada Anak

544
0
Hepatitis
Foto (siarnitas.id) Gejala Awal Hepatitis Akut Yang Menyerang Pada Anak

siarnitas.id – Hepatitis Akut asal Inggris mulai menjadi perhatian khusus. Pasalnya, 3 orang anak di Jakarta telah meninggal karenanya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) buka suara terkait adanya penyakit hepatitis akut pada anak. Kemenkes RI melaporkan ada tiga anak yang meninggal didaerah Jakarta diduga akibat hepatitis akut yang misterius.

Bahkan sampai saat ini Kemenkes RI masih melakukan investigasi dugaan penyakit hepatitis akut misterius. Investigasi tersebut melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari hepatitis akut tersebut.

Baca Juga : Musrenbang Forum OPD, Dinkes Tangsel Fokuskan Pelayanan Kesehatan

Prof Hanifah Oswari, dokter spesialis anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan, dugaan awal disebabkan oleh adenovirus, SARS CoV-2, dan virus.

“Virus-virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan,” katanya, dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Sabtu (7/5).

Lantas, bagaimana mengenali penyakit hepatitis akut yang misterius. siarnitas.id akan mengulas gejala-gejala hepatitis akut misterius. Gejala hepatitis akut tersebut berawal dari gangguan gastrointestinal.

1. Mual
2. Muntah
3. Diare berat
4. Demam ringan

Gejala tersebut bisa lanjut dengan:

1. air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB putih pucat
2. kulit dan mata kuning
3. gangguan pembekuan darah
4. kejang
5. penurunan kesadaran

Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan yang lebih parah lagi sampai penurunan kesadaran. Sebab kondisi tersebut menunjukan infeksi hepatitis sudah sangat berat. (bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini