Beranda Eksekutif Pemkot Tangsel Kembali Putus Paksa Kabel Fiber Optic di Jalan Parakan Raya...

Pemkot Tangsel Kembali Putus Paksa Kabel Fiber Optic di Jalan Parakan Raya hingga Benda Raya

116
0
Fiber optic di Tangsel
Foto: Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichan memotong kabel fiber optik diudara.

siarnitas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kembali memutus paksa kabel udara fiber optic yang menjadi pemandangan kumuh di Jalan Parakan Raya hingga Jalan Benda Raya.

Pemutusan kabel fiber optic tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Kepala Dinas SDABMBK Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan pihaknya bersama dengan APJATEL menertibkan kabel udara fiber optic.

“Pada tahun ini kami Pemkot Tangsel bersama dengan APJATEL kembali melakukan penertiban atau perapihan kabel-kabel udara yang ada di Tangsel,” katanya dilokasi, pada Rabu (24/4/2024).

Menurutnya, target tahun ini ada 5 titik yang bakal diputus paksa, lalu ada 3 ruas jalan yang sudah dilakukan perapihan kabel udara fiber optic termasuk di Jalan Ciater Raya.

“Tahun ini ada 5 titik ruas jalan yang akan dilakukan, mudah-mudahan bisa semua kabel-kabel udara ini kita rapikan untuk dimasukkan ke dalam sapdak,” jelasnya.

Dikatakan Pilar, ada dua cara dalam merapihkan kabel udara fiber optic tersebut, yang pertama adalah sapdak atau kita masukkan ke dalam tanah jadi kabel-kabel optik ini kita akan satukan kepada satu pipa HDP.

“Yang kedua adalah dengan satu tiang bersama itu bentuknya rapi tapi kita lihat tergantung dengan kondisinya,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa dalam perapihan kabel fiber optik harus segera dan secepat mungkin, supaya tidak menjadi pemandangan kumuh di Tangsel.

“Ya secepatnya, tergantung kecepatan teman-teman jasa telekomunikasi dalam menyediakan kabel kalo kami sih pengennya secepatnya ajah tapi kalo kabelnya udah ada,” jelasnya.

“Makanya jangan udah bongkar di tutup nanti ada kabel lagi ketinggalan nah kita sekalian semuanya kabelnya sudah ada kita masukan semua,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas SDABMBK Tangsel, Robbi Cahyadi mengatakan, dalam metode penerapannya pihaknya memilih ruas-ruas mana yang bahunya masih mencukupi untuk dilakukan relokasi kebawah tanah.

“Ini metodanya mereka juga dilakukan dengan system boring dengan membuat pit-hall per 15-20 meter ya kalau daerah lurus mungkin bisa lebih nanti dilakukan dengan system boring, K3 nya kita terapkan, tertutup dan lain sebagainya tanah juga langsung di karung tidak berceceran seperti itu jadi kita minimal kan,” katanya.

Dalam pengerjaan perapihan kabel fiber optic tersebut, pihaknya bersama APJATEL melakukannya secara berbarengan di 5 titik tersebut.

“Nanti dikerjakan berbarangan tapi ada grup-grupnya gitu dia satu arah, dari sini Serua Raya, Area Putra, Merpati Raya, Menjangan Raya itu nyambung tuh WR Supratman, ketemu di Ciputat Timur dan Ciputat,” tandasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini