Beranda Eksekutif Jelang Idul Adha 1445 H, Puskeswan Tangsel Optimis ‘Zero Case’ Penyakit PMK...

Jelang Idul Adha 1445 H, Puskeswan Tangsel Optimis ‘Zero Case’ Penyakit PMK Pada Hewan Kurban

90
0
Puskeswan Tangsel
Ilustrasi hewan kurban

siarnitas.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) optimis Zero Case Penyakit PMK dan LSD pada hewan kurban.

Hal itu lantaran Puskeswan melalui DKP3 Tangsel terus mengontrol hewan kurban yang dijual para pedagang dalam menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala UPTD Puskeswan pada DKP3 Tangsel, Dokter Pipit Surya Yuniar mengatakan, persiapan menjelang hari raya qurban ini DKP3 Tangsel sudah melakukan persiapan.

“Yang pertama untuk mengantisipasi berbagai penyakit kita sudah melakukan pencegahan ya untuk penyakit PMK dan LSD kita sudah melaksanakan vaksinasi,” katanya kepada redaksi siarnitas.id di kantornya pada Senin (3/6/2024).

Baca Juga : Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok, Wakil Ketua DPRD Tangsel Minta Pemkot Sidak Pasar Jelang Idul Fitri 2024

Dirinya menyakinkan bahwa hewan kurban yang ada di Tangsel tidak memiliki riwayat penyakit PMK dan LSD, sehingga pihaknya optimis di Tangsel tidak kasus penyakit hewan kurban.

“Kita tetep kontrol supaya Zero Case di Tangsel,” jelasnya.

Dirinya optimis tidak ada kasus lantaran, pihaknya secara rutin melakukan vaksinasi pada hewan kurban, sehingga hewan kurban tetap aman dan bebas dari penyakit.

“Untuk pengawasan ternak sendiri sebenernya secara rutin kita sudah melakukan pengawasan untuk ternak-ternak lokal yang sudah dimiliki oleh warga Tangerang Selatan, peternak sini sudah rutin termasuk tadi vaksinasi,” ungkapnya.

“Sampai sejauh ini 2024 ini kita sudah memvaksin sekitar 300 (hewan kurban),” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini