Humbahas – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi Gubsu H Edy Rahmayadi menjadikan agraris prioritas stimulus perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Hal itu diisyaratkan Mentan saat menghadiri panen bawang putih di Desa Parulohan Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbahas, Sabtu (20/6) dihadiri Sekdaprov Sumut R Sabrina mewakili Gubsu H Edy Rahmayadi, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan para pejabat terkait diantaranya Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut H Dahler Lubis.

Mentan juga menyambut baik bahwa Kabupaten Humbahas menjadi sentra bawang putih dan bawang merah yang akan menjadi salah satu lumbung komoditas ini untuk kebutuhan Sumut bahkan nasional..

Mentan menyambut baik dan mengakui pihaknya terbuka dan siap memberikan dukungan yang diperlukan untuk hal itu. “Sumut punya potensi besar, termasuk Humbahas harus jadi lokomotif, harus jalan, tidak boleh ada lahan tersisa, semua harus ditanami,” kata Mentan.

Sekdaprovsu R Sabrina mengemukakan Gubsu berulang menegaskan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menetapkan sektor agraris sebagai salah satu prioritas utama pembangunan ke depan.

“Ini perlu dukungan pemerintah pusat,” ujarnya seraya gembira atas penyataan Mentan setelah melihat kondisi lapangan optimis Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bisa menjadi salah satu sentra pertanian di Sumut, khususnya bawang putih dan bawang merah. Lahan pertanian tersedia dan kondisi alamnya sangat mendukung.

Sementara itu Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut H Dahler Lubis kepada media menambahkan bawang putih dan bawang merah merupakan komoditas yang harus ditingkatkan produktivitasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini