Beranda Eksekutif Diskominfo Rakor Aplikasi SP4N LAPOR dan Kick Off Tangsel ICT Award

Diskominfo Rakor Aplikasi SP4N LAPOR dan Kick Off Tangsel ICT Award

90
0
SP4N LAPOR
Foto: Walikota Tangsel, Benyamin Davnie membuka Rakor melalui SP4N LAPOR dan Tangsel ICT Award

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Tangerang Selatan (Tangsel) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan tindak lanjut pengaduan masyarakat melalui SP4N LAPOR dan Kick Off Tangsel ICT Award di Aula Blandongan, Pemkot Tangsel, Senin (26/6/2023).

Rapat koordinasi ini sebagai edukasi untuk memperkenalkan kepada publik mengenai aplikasi SP4N LAPOR dalam pengaduan masyarakat supaya lebih mudah.

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, aplikasi pengaduan masyarakat ini diberikan koridor dan saluran untuk masyarakat sampaikan keluh kesahnya dan kemudian dicarikan jalan keluar atau solusinya.

“Salah satu SP4N LAPOR itu adalah dengan digunakannya teknologi makanya sekaligus juga dalam kesempatan ini, dilakukan launching kick off ICT award di Tangerang Selatan dan ini adalah inovasi dari teman teman di Dinas Kominfo kolaborasi dengan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lain,” kata Benyamin di lokasi.

Baca Juga : Diskominfo Bakal Pasang 1.000 Titik WiFi di Tangsel

Sebelum launching aplikasi SP4N LAPOR, kota Tangerang Selatan mempunyai aplikasi serupa dalam pengaduan masyarakat, yaitu Siaran Tangsel.

“Memang dulu kita menciptakan Siaran Tangsel dengan mekanisme yang semudah mudahnya itu versi kita Tangerang Selatan,” ungkapnya.

“SP4N LAPOR ini adalah dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) dari pusat jadi ini nanti akan berlaku di daerah yang lain juga akan hal yang sama,” sambung dia.

Maka dari itu, Benyamin menuturkan, kedepan aplikasi Siaran Tangsel akan bersinergi dengan aplikasi SP4N LAPOR, sehingga masyarakat Tangsel dalam pengaduan bisa lebih cepat diproses.

“Siaran Tangsel nanti otomatis melebur ke SP4N LAPOR itu sendiri ya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Tangsel, TB Asep Nurdin mengatakan, aplikasi SP4N LAPOR itu sebetulnya aplikasi pelaporan yang diinisiasi oleh pemerintah pusat dan sebetulnya di Tangerang selatan sejak 2017 itu punya aplikasi atau kanal aplikasi pelaporan dalam bentuk aplikasi Siaran Tangsel.

“Jadi kalau SP4N LAPOR itu adalah produk pemerintah pusat, bahkan Siaran Tangsel itu adalah dari pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sehingga, dari keduanya sama fungsinya dalam rangka untuk menyerap laporan atau aspirasi dari masyarakat khususnya Tangerang Selatan,” kata TB Asep di lokasi.

Selain itu, TB Asep menjelaskan mengenai Tangsel ICT Award yang diinisiasi oleh Diskominfo Tangsel, untuk memberikan apreasi hasil dari kreativitas terkait dunia teknologi yang terkhusus di bidang IT.

“Jadi ICT award ini sebetulnya Ini adalah hasil kreativitas inovasi dari teman teman dinas komunikasi dan informatika dalam rangka untuk memberikan awarding atau penghargaan, untuk mentriger ya supaya ada inovasi serta kreativitas di tingkat masyarakat Kota Tangerang Selatan,” jelas TB Asep.

“Jadi mereka itu ke depannya kita harapkan dapat lebih termotivasi khususnya di bidang IT,” tambahnya.

Dirinya menuturkan untuk perlombaan ICT Award ini, bukan hanya dari Tangerang Selatan, melainkan dari seluruh Indonesia yang mempunyai kreativitas dan inovasi dibidang IT.

“Kita udah hari ini kick off, bahkan pendaftaran sampai dengan bulan September, itu proses pendaftarannya ada ruang kurang lebih 3 bulan, karena untuk memberikan waktu kepada teman-teman peserta, ya untuk mendaftarkan produk produk IT,” ujarnya.

Baca Juga : Diskominfo Lakukan Penguatan Strategis Pelayanan Publik di Tangsel

Adapun, persyaratan dalam mengikuti Tangsel ICT Award ini nanti bisa diakses melalui https://ictaward.tangerangselatan.go.id.

“Ketika itu in-line dengan pemanfaatan atau layanan publik khususnya di pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat pasti kita akan bantu,” tandasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini