Beranda Eksekutif Program KIP Kuliah 2023 Dibuka, Cek Cara Daftarnya Disini!

Program KIP Kuliah 2023 Dibuka, Cek Cara Daftarnya Disini!

174
0
KIP kuliah 2023
Ilustrasi: Kartu Indonesia Pintar Kuliah

siarnitas.id – Pemerintah Indonesia meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dengan cara membuat program KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk mahasiswa.

Baca Juga : Begini Cara Klaim Tabungan JHT Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Program ini akan membantu para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi padahal memiliki prestasi yang mendukung untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

KIP Kuliah Tahun 2023 sudah dibuka bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Program KIP Kuliah ini berlaku untuk semua jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang meliputi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, serta seleksi mandiri PTN dan PTS.

Apabila selama pendaftaran mengalami kendala seperti NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, pendaftar bisa berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Bagi siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan negeri maupun swasta silahkan mendaftarkan KIP Kuliah di Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2023

Pendaftaran akun KIP Kuliah untuk tahun 2023 dilakukan dengan cara seperti berikut. Sebelum melakukan pendaftaran siapkan beberapa dokumen yang nantinya akan digunakan untuk menginput data yang meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

1. Kunjungi laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau unduh aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps di Google Play Store.

2. Setelah masuk klik “Daftar” kemudian masukkan :

– NIK

– NISN

– NPSN

– Kelayakan penerima

3. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi berdasarkan data yang telah diinput.

4. Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan apabila validasi berhasil.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi.

6. Menyelesaikan proses pendaftaran di portal SNMPT sesuai jalur yang dipilih.

7. Calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan diterima akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi terkait sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah tahun 2023.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Melansir dari laman KIP Kuliah Kemendikbud, berikut jadwal pendaftaran untuk calon mahasiswa baru yang akan mengikuti seleksi KIP Kuliah tahun 2023:

1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah

Dibuka: 14 Februari 2023

Ditutup: 31 Oktober 2023

Baca Juga : Fakta Cerita Dibalik Hari Valentine ‘Kasih Sayang

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Dibuka: 16 Februari 2023

Ditutup: 27 Februari 2023

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini