Beranda Eksekutif PMI Tangsel Sebut Stok Darah Aman Hingga Bulan Ramadan

PMI Tangsel Sebut Stok Darah Aman Hingga Bulan Ramadan

196
0
PMI Tangsel
Foto: Ketua PMI Tangsel, Airin Rachmi Diany

siarnitas.id – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany menyebut ketersediaan stok darah bisa dipastikan tercukupi hingga bulan Ramadan 2023 mendatang.

Menurut Airin, ia menjaminkan ketersediaan stok darah di Tangsel dipastikan aman, karena pihaknya menerapkan strategi jemput bola.

Baca Juga : Airin Rachmi Diany Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

Strategi jemput bola, lanjut Airin, ternyata sangat ampuh. Bahkan, stok darah bisa diprediksi akan mampu tersedia hingga bulan Ramadan mendatang.

“Saat ini kantong darah kita 100 kantong per hari. Targetnya 3.000 kantong setiap bulan,” kata Airin dalam kegiatan aksi donor darah di Jalan Benda Timur 5, Benda Baru, Pamulang, Tangsel, pada Minggu (5/02/2023).

Ketua PMI Tangsel juga meminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya agar bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah, sesuai dari kebutuhannya apakah golongan darah O, A, B, AB.

Selain itu, dalam menghadapi bulan Ramadan mendatang, agar ketersediaan darah tetap aman dan cukup, lanjut Airin, tetap menerapkan pola jemput bola, baik pada siang maupun malam hari ke setiap komunitas pendonor maupun individu masyarakat di lingkungan.

“Yang pasti kita terus kita dorong, kita pasti akan bekerjasama dengan Dinkes Tangsel, kita akan dorong dengan seluruh pemangku kepentingan bahkan yang sering kita lakukan dengan TNI-Polri, biasanya mereka siap jika kita butuhkan,” ungkap Airin.

Lebih lanjut, fase donor darah sekarang tiap 60 hari sudah bisa, karena kalau dulu harus menunggu 3 bulan untuk kembali melakukan donor darah.

Baca Juga : Selamat! Thoriq El Wahdi Pimpin BPC HIPMI Tangsel Periode 2023-2026

“Jadi mudah-mudahan ketersediaan darah di bulan suci Ramadhan serta lebaran bisa sangat terpenuhi, kita sudah MOU ada yg sudah sifatnya top down jemput bola ada juga yang bottom up seperti aksi masyarakat saat ini,” tandasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini