Beranda Eksekutif Pemkot Tangsel Gencarkan Bangun 1.800 Septic Tank

Pemkot Tangsel Gencarkan Bangun 1.800 Septic Tank

229
0
Septic tank
Foto: Walikota Tangsel, Benyamin Davnie sedang melakukan pemetakan batu.

siarnitas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) sedang menggencarkan membangun 1.800 septic tank bagi warga Tangsel yang masih membuang air besar sembarangan. Pembangunan septic tank itu dalam rangka menerapkan taraf hidup atau kesehatan bagi masyarakat Tangsel.

Septic tank
Foto: Walikota Tangsel, Benyamin Davnie saat mengisi sambutan

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, tahun ini Pemkot Tangsel membangun 1.800 titik septic tank untuk membantu warga dalam rangka menerapkan taraf hidup atau kesehatan.

Baca Juga : DCKTR Tangsel Renovasi Sekolah SDN Pamulang Barat

Menurut Benyamin, selama ini warga Tangsel banyak penyaluran itu pembuangannya ke empang kolam yang di dalam nya ada hewan ikan lele.

“Sebagainya itu kita benahi semuanya itu kita bedah. Ada 1.800 titik septic tank atau STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang akan kita bangun pada tahun 2023 ini, setelah ini diikuti dengan sosialisasi rembuk warga untuk pemanfaatan dan seterusnya,” kata Benyamin usai peletakan batu pertama pembangunan tangki bertempat di Jalan Tidore Jombang Kramat, Jombang, Ciputat, Tangsel, Selasa (7/3/2023).

Benyamin menjelaskan, mekanisme tangki septic tank tersebut dapat menampung 800 liter dan nantinya ada sistem filter yang bisa memilah antara tinja dan air, supaya nanti air nya bisa dibuang ke sumur resapan.

“Tangki septic tank nya mampu menampung 800 liter, kemudian juga di dalam tangki itu yang dibuat oleh produsen di dalam nya sudah ada filter, dan sistem untuk mengolah air tinja nya dan nanti airnya dibuang ke sumur resapan di sebelah nya. Seperti itu mekanisme, jadi air yang dibuang itu sudah bersih sudah tidak ada lagi kotoran-kotoran,” jelas Benyamin.

Ia berharap bahwa masyarakat bisa mengikuti program ini, kemudian melalui pak RT, pak RW dan Lurah untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan pembangunan STBM ini.

Baca Juga : UPT PKB Dishub Tangsel Usulkan Pemanfaatan Aset Daerah Usai Uji KIR Dihapus

“Kalau ada lagi, 1.800 ini hanya data yang masuk, tapi kalau ada lagi ya nggak masalah nanti di perubahan akan kita tambah lagi,” pungkas Benyamin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Hadi Widodo mengatakan, Ini merupakan program Pemkot Tangsel program STBM, penanganan nya ini terpadu ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat didalamnya.

“Kebetulan DCKTR itu kebagian peran untuk menangani buang air besar sembarangan bentuk kegiatannya itu berupa pembangunan septic tank individual,” kata Hadi.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan septic tank tersebut, masyarakat Tangsel dapat hidup sehat dan derajatnya meningkat serta kota Tangsel dapat lebih maju.

Baca Juga : Resmi! Kantor Kecamatan Ciptim dan Jembatan Penghubung di Tangsel Sudah Beroperasi

“Mudah-mudahan taraf hidup masyarakat meningkat ya derajat kesehatan menjadi lebih baik ya kedepannya Tangsel menjadi lebih maju,” pungkas Hadi.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini