Beranda Yudikatif Pelaku Penipuan Berkedok Penjualan Tiket Konser Coldplay Beli Akun Twitter dan Rekening

Pelaku Penipuan Berkedok Penjualan Tiket Konser Coldplay Beli Akun Twitter dan Rekening

313
0
Tiket konser Coldplay
Foto: Konferensi Pers Direktorat Reserse Kriminal Khusus

siarnitas.id – Kedua pelaku suami istri dengan dugaan melakukan penipuan berkedok penjualan tiket konser Coldplay ternyata membeli akun Twitter yang digunakan untuk melancarkan aksinya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis mengatakan, pelaku membeli akun Twitter @fintrove_id seharga Rp750 ribu.

“(Akun) Twitter (dibeli) Rp750 ribu,” katanya kepada awak media, Senin (22/5/2023).

Baca Juga : Polda Metro Jaya Ungkap Penipuan Berkedok Penjualan Tiket Konser Coldplay

Selain itu, kedua pelaku juga ternyata membeli sebuah rekening bank agar nama mereka tidak mudah diketahui oleh polisi yang dibeli seharga Rp400 ribu di Twitter.

“Para korban ini menyetor uang kepada mereka dengan rekening yang mereka buat, dengan cara mereka membeli rekening tersebut kepada seseorang supaya identitasnya adalah bukan identitas mereka atau bukan identitas pelaku,” terangnya.

“Jadi, contoh kalau saya pelaku, saya akan membeli rekening pak Kabid Humas, jadi rekening itu adalah atas nama Pak Kabid Humas,” sambungnya.

Selanjutnya, kedua pelaku memonitor dengan m-banking yang telah diberikan saat membeli rekening tersebut. Setelah adanya setoran dari korban, uang itu akan ditransfer kembali ke rekening asli milik pelaku.

“Kemudian pada rekening tersebut, saya diberikan m-banking oleh Pak Kabid Humas, sehingga siapa yang menyetor ke rekening tersebut saya bisa memonitor dan saya bisa melakukan transaksi perbankan,” tuturnya.

“Jadi, mereka setelah mendapat atau ada korban yang sudah menyetor uangnya atau yang sudah mentransfer uangnya langsung mereka transfer kembali ke rekening mereka,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis menyebut pelaku penipuan berkedok penjualan tiket konser Coldplay ternyata suami istri dengan meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Keduanya berinisial ABF (22, laki-laki) dan W (24, wanita). Ditkrimsus berhasil melacak tabungan pelaku dan didapati senilai Rp257 juta.

“Kami men-traking yang ada di tabungan mereka ada sebesar Rp257 juta. Itu untuk hasil penyidikan sementara,” katanya kepada awak media, Senin (22/5/2023).

Baca Juga : Raup Untung Rp200 Juta, Penipuan Berkedok Penjualan Tiket Konser Coldplay Ternyata Suami Istri

Menurutnya, keduanya berhasil meraup untung hingga lebih dari Rp200 juta dan puluhan orang yang menjadi korban penipuan tersebut.

Dirinya mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan dari masyarakat sebanyak 60 laporan yang masuk.

Aksi penipuan tersebut, pelaku menggunakan akun Twitter @findtrove_id. Pelaku meminta korban untuk mentransfer terlebih dahulu sebesar Rp50 ribu.

Lalu, setelah korban mentransfer sebesar Rp50 ribu, para korban dikumpulkan dalam satu grup WhatsApp. Selanjutnya, mereka diminta secepatnya mentransfer kembali uang pembelian tiket.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini