Beranda Eksekutif Kasus Wabah Virus LSD Hewan Ternak di Tangsel Masih Nihil

Kasus Wabah Virus LSD Hewan Ternak di Tangsel Masih Nihil

142
0
Virus LSD
Foto: peternakan hewan sapi

siarnitas.id – Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pipit Surya Yuniar menyebut hewan ternak seperti sapi dan kerbau masih aman dari virus Lumpy Skin Disease (LSD).

Virus Lumpy Skin Disease (LSD) yang disebabkan oleh virus dari Family Poxviridae menyerang hewan ternak jenis sapi dan kerbau. Wabah ini sudah menyebar ke sejumlah daerah, termasuk wilayah Kabupaten Tangerang.

Baca Juga : Ini Penyebab Komputer Terkena Virus Ransomware, Nomor 4 Sering Dilakukan!

Meski begitu, masyarakat terutama peternak diimbau untuk selalu waspada.

“Surat keterangan sudah dilakukan vaksinasi pada hewan yang berlaku dari Dinas Peternakan luar daerah, guna menjamin kesehatan hewan ternak untuk diternak dan dikonsumsi,” kata Kepala UPT Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yuniar.

Guna menekan agar virus LSD tidak meluas, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel mengimbau kepada seluruh peternak sapi dan kerbau untuk rutin menjaga kebersihan kandang menggunakan disinfektan, memberikan pangan hewan yang sehat, dan asupan vitamin.

Selain itu, saat membeli sapi atau kerbau dari luar daerah, peternak di Kota Tangsel wajib meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Menurut Pipit, sejauh ini belum ada laporan dan ditemukan hewan ternak sapi dan kerbau di wilayah Kota Tangsel positif terpapar virus LSD.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari lapangan, tim juga belum ada laporan. Alhamdulillah belum ada di Tangsel,” kata dia.

Baca Juga : Ex Rumah Lawan Covid-19 Tangsel Alih Fungsi Jadi Kawasan Pertanian Terpadu 

Meski belum ditemukan, lanjut Pipit, kasus hewan sapi dan kerbau terpapar virus LSD, ia memastikan, ketersediaan sejumlah dosis vaksin sapi sudah mulai disiapkan, dan bakal disebar ke seluruh peternak oleh tim lapangan.

“Meski belum ada kasus di Koa Tangsel, tentu kami akan erus waspada, dengan melakukan sosialisasi kepada para peternak, serta memberikan vaksin kepada hewan ternak sapi dan kerbau yang ada di Kota Tangsel,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini