Beranda Ragam Ini Penyebab Komputer Terkena Virus Ransomware, Nomor 4 Sering Dilakukan!

Ini Penyebab Komputer Terkena Virus Ransomware, Nomor 4 Sering Dilakukan!

329
0
Virus Ransomware
Ilustrasi laptop sedang menginstal System operasi windows

siarnitas.id – Kejahatan di dunia cyber menggunakan virus Ransomware merupakan kejahatan yang sangat berbahaya dan harus patut diwaspadai.

Pasalnya, kejahatan dengan menggunakan ransomware dapat menyebabkan seluruh data pengguna yang terinfeksi menjadi rusak dan bocor.

Baca Juga : Kemendikbudristek Sebut Ratusan PTN Punya Satgas PPKS

Akibatnya, pengguna yang tidak memiliki backup data akan kehilangan data penting, sehingga mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan mereka, khususnya adalah bagi para pekerja yang selalu menggunakan komputer.

Walaupun penyebaran ransomware dapat terjadi akibat dari berbagai faktor penggunaan hardware hingga software, namun seringkali hal tersebut juga dapat terjadi akibat hal-hal sepele yang sering dilakukan pengguna.

Berikut adalah hal-hal yang sering dilakukan pengguna yang menjadi penyebab komputer terinfeksi ransomware. Kira-kira apa saja ya?

1. Mengujungi situs yang tidak aman

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh orang awam adalah mengunjungi situs-situs yang tidak terjamin keamanannya.

Penjahat siber terkadang menyusupkan program-program tertentu kedalam situs tersebut, sehingga ketika seseorang mengunjungi situs tersebut maka tanpa disadari mereka telah mengunduh file yang telah terinfeksi ransomware.

Cara paling mudah untuk membedakan situs yang aman adalah dengan melihat URL situs tersebut. Situs dengan tag HTTPS (Hyper Transfer Protocol Secure) umumnya lebih aman dibandingkan dengan HTTP, namun itu juga tidak berarti selalu aman ya.

2. Mendownload aplikasi sembarangan

Kesalahan umum kedua yang sering dilakukan orang awam adalah mendownload aplikasi atau software secara sembarangan.

Terkadang, pengguna memilih mendownload software-software hasil cracking dengan alasan software asli adalah software yang berbayar.

Namun, hal ini juga menjadi celah yang sangat efektif bagi penjahat siber untuk menyusupkan program-program jahat kedalam komputer kita.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mendownload software-software hasil cracking. Sebagai alternatifnya, kita dapat mendownload software-software alternatif yang sudah tersedia secara gratis dan terjamin keamanannya.

3. Menghubungkan hardware yang sudah terinfeksi

Baca Juga : MRI 3 Tesla, Teknologi Terkini Punya RS Premier Bintaro

Banyak orang tidak mengetahui jika ransomware tidak hanya dapat menyebar melalui internet namun juga melalui hardware yang sudah terinfeksi.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memasang USB atau Flashdisk yang kita temukan tanpa mengetahui sumbernya.

4. Tidak mengupdate sistem operasi

Pasti banyak dari kamu yang masih malas untuk mengupdate sistem operasi komputer atau PC. Padahal pembaruan yang diberikan developer biasanya selain menambah fitur, juga sekaligus mengatasi bug dan memperkuat keamanan sistem komputer.

Oleh karena itu, mengupdate sistem komputer sangatlah penting dan dapat menjadi langkah untuk mengurangi resiko komputer atau PC terinfeksi ransomware.

5. Kurangnya pengetahuan akan keamanan sistem

Selanjutnya, ini tak kalah penting, sebab masih banyak pengguna yang kurang mengetahui tentang keamanan sistem, sehingga sering terjebak link palsu atau phising yang tersebar di internet.

Pengguna tidak disarankan melakukan mengklik link yang tidak diketahui sumbernya secara sembarangan atau menyerahkan perangkat kita ke orang yang belum terlalu kita kenal.

Baca Juga : Kurangi Contra Flow, Dishub Tangsel Pasang Barrier di Simpang Viktor dan Pertigaan Tekno

Secara keseluruhan, ada banyak hal yang dapat menyebabkan komputer terinfeksi ransomware. Perlu diingat bahwa meskipun langkah-langkah pencegahan dapat membantu, kita harus terus waspada dan menjaga komputer kita dari ancaman cyber.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini