Beranda Eksekutif Dispar Tangsel Gelar Parade Budaya Nusantara Meriahkan HUT Kota Tangsel ke-14

Dispar Tangsel Gelar Parade Budaya Nusantara Meriahkan HUT Kota Tangsel ke-14

64
0
dispar tangsel
parade budaya nusantara dalam rangka memeriahkan HUT kota Tangsel ke 14

siarnitas.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar parade budaya nusantara dalam rangka memeriahkan HUT kota Tangsel ke 14, dengan dimeriahkan oleh puluhan komunitas dari berbagai budaya dan ribuan peserta mengikuti parade budaya Nusantara.

Parade budaya Nusantara tersebut, digelar di Teras Kota, Kota Tangsel dan para peserta berjalan dengan pakaian adat budaya dari rute Rumah Sakit Eka Hospital sampai Hotel Grand Zurri. Sabtu (26/11/2022).

parade

Baca Juga : Dispar Tangsel Akan Berikan Kado Spesial HUT ke-14 Tangsel

Sekretaris Dinas Pariwisata Tangsel, Yanuar mengatakan pihaknya mengundang puluhan komunitas dari berbagai jenis budaya di Indonesia ribuan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Kita mengundang 32 komunitas yang ada di Tangsel itu semua punya sanggar punya tarian secara nasional dan Total semua 1500 peserta parade budaya nusantara,” kata Yanuar dengan sapaan Awang saat ditemui awak media dikantornya.

Ia menambahkan pihaknya sangat merespon penampilan dari Jogja, karena mereka datang langsung dengan membawa adat dan budaya mereka untuk memeriahkan parade budaya nusantara tersebut.

parade budaya

“Respon terbaik menurut saya itu adalah dari Jogja, mereka dateng langsung, mereka perform di wilayah itu ya luar biasa itu bagian dari kegiatan kita, selain itu ada juga dari Bali termasuk dari Reog Ponorogo, Betawi dan akhirnya dari perform hingga parade,” imbuhnya.

Awang menuturkan acara tersebut berjalan lancar dan semua komunitas yang mengikuti parade budaya sangat antusias, mereka menginginkan kembali acara tersebut untuk tahun berikutnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Banten Soroti Gedung DPRD Tangsel, Ternyata…

“Alhamdulillah pada akhirnya semua teman-teman komunitas itu mensupport kegiatan itu dan mereka menginginkan tahun berikutnya ada lagi, bahkan apabila persiapannya dari jauh hari untuk bisa saja kita melakukan secara nasional dan internasional,” ungkapnya.

Lanjut, kata Awang dalam acara itu pihaknya membikin booth untuk para UMKM, ia juga mengundang UMKM di Tangsel untuk berjualan.

dispar tangsel

Awang bercerita acara tersebut sebenarnya acara tersebut untuk berskala nasional dan internasional. Namun, karena keterbatasan waktu pihaknya hanya mengadakan dalam lingkup nasional saja.

“Parade budaya ini memang konteksnya kita akan libatkan sampai luas dengan mengundang duta besar awalnya. Karena memang waktu yang mepet kita hanya bisa melakukan secara nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam kegiatan tersebut pihaknya tidak menggunakan dana APBD Tangsel. Melainkan dari dana kolektif dari sektor pariwisata dan support pelaku usaha di Kota Tangsel.

“Kita tidak menggunakan APBD kita bagian dari semacam penyuguhan hadiah untuk kota Tangsel yang memang sedang berulang tahun. Jadi dananya berpartisipasi dari sektor-sektor pariwisata yang ada khususnya memang kita minta kepada pelaku usaha itu restoran untuk membantu nasi box itu bagian dari support pelaku usaha di kota Tangsel,” tuturnya.

parade budaya

Menurutnya, kegiatan tersebut berjalan lancar dan itu menurut Awang sangat meriah dan bisa dilanjutkan ditahun depan.

“Ya mudah-mudahan Pemerintah kota Tangsel mensupport kegiatan itu secara terus-menerus jadi agenda tahunan,” ungkapnya.

Baca Juga : DPRD dan Pemkot Tangsel Gelar Acara Hari Jadi Kota Tangerang Selatan ke-14

Awang berharap tahun depan pihaknya bisa menggelar kegiatan parade budaya nusantara ini lebih meriah lagi dan pihaknya ingin sekali kegiatan tersebut hingga Internasional.

dispar tangsel

“Harapannya ini bagian dari kegiatan pertama kami di Dispar untuk bisa lebih maksimal lagi ditahun yang akan datang dan ini akan menjadi agenda tahunan kita, tiap tahun kita lakukan kita laksanakan kegiatan parade budaya nasional dan internasional,” tandasnya.

Artikulli paraprakSatpol PP Tangsel Kurang Sergap Soal Peredaran Miras? Benyamin Davnie: Kasih Tahu Saya
Artikulli tjetërPemkot Tangsel Rotasi Jabatan Perangkat Daerah, Ini Dia Nama-namanya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini