Beranda Eksekutif Dinkes Tangsel Gelar Gerakan Ibu Hamil Sehat Selama Sepekan

Dinkes Tangsel Gelar Gerakan Ibu Hamil Sehat Selama Sepekan

347
0
Dinkes Tangsel
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendalin Mahdaniar bersama para Ibu Hamil

siarnitas.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat di Puskesmas Pondok Jagung, Serpong Utara, Tangsel. Kamis (22/12/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alin Hendalin Mahdaniar mengatakan gerakan ini untuk meningkatkan pemeriksaan dan pengetahuan ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan selama kehamilan.

Baca Juga : Dinkes Tangsel Terus Gencarkan Program Gerakan Aksi Bergizi Minum Tablet Tambah Darah

Menurutnya, pihaknya telah melakukan upaya dalam menurunkan kematian ibu dan bayi, diantaranya Pelaksanaan kelas ibu hamil terjadwal dan Ngider Sehat Bidan untuk menjangkau semua ibu hamil resiko tinggi dan bayi balita resiko tinggi.

“Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, penguatan fasilitas kesehatan dan jaringannya, penguatan manajemen program dan sistem rujukannya, meningkatkan peran serta masyarakat, kerjasama dan kemitraan,” kata Alin dalam sambutannya.

Alin menambahkan, meskipun Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Kota Tangerang Selatan terus menurun, tetapi tentu ia berharap bisa semakin menurun dengan koordinasi dan kerjasama dengan lintas sector.

Kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat, pihaknya telah bergerak untuk para ibu hamil selama sepekan yang dilaksanakan di semua fasilitas kesehatan di Kota Tangsel.

“Pelaksanaan Pekan ibu hamil sehat di laksanakan pada tanggal 14 – 20 Desember 2022 dan di laksanakan di Semua Fasilitas Kesehatan baik pemerintah dan swasta serta fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas, Klinik, PMB) Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan serta tempat pelayanan publik di 10 pasar yang ada di Kota Tangerang Selatan,” ungkapnya.

Tempat pelayanan publik di 10 pasar di Kota Tangsel, diantaranya Pasar Delapan Alam Sutera, Pasar Segar Graha Raya, Pasar Modern Bintaro, Pasar Modern BSD, Pasar Jombang, Pasar Ciputat, Pasar Serpong, Pasar Rengas, Pasar Bukit Benda Baru, dan pasar ceger.

Ia menyebut sudah memeriksa ibu hamil sebanyak ribuan di fasilitas kesehatan dan juga sudah ratusan ibu hamil di 10 pasar di Tangsel.

“Jumlah ibu hamil yang di periksa selama pekan ibu hamil sehat di fasilitas kesehatan sejumlah 2.435 ibu hamil dan di sepuluh pasar sejumlah 501 ibu hamil,” tuturnya.

Baca Juga : Cegah Stunting, Dinkes Tangsel Gencarkan Program Seribu Hari Pertama Kehidupan

Alin berpesan untuk para ibu hamil untuk selalu periksa kehamilannya dan juga untuk minum tablet tambah darah, supaya kesehatan ibu dan anak bisa mendapat tambahan asupan gizi.

“Ibu Hamil periksa kehamilan minimal 6 kali dan dua kali pemeriksaan USG dengan dokter, Ibu Hamil Minum Tablet Tambah Darah setiap hari pada masa kehamilan, Ibu Hamil Mengikuti Kelas Ibu Hamil, Ibu Hamil melahirkan di fasyankes,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini