Beranda Ragam Catat! Mulai Besok Siaran TV Analog Jabodetabek Dihentikan, Begini Cara Pasang Set...

Catat! Mulai Besok Siaran TV Analog Jabodetabek Dihentikan, Begini Cara Pasang Set Top Box ke TV Analog

306
0
tv analog
siaran televisi (TV) analog dan beralih ke siaran TV Digital

siarnitas.id – Pemerintah RI melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi (TV) analog dan beralih ke siaran TV Digital di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai Rabu (5/10) besok.

Pemerintah menilai Jabodetabek dan sekitarnya sudah siap untuk diberlakukan analog Switch Off (ASO), seperti tersedianya dan bantuan set top box (STB) untuk rumah tangga miskin sudah terdistribusi.

Baca Juga : Ternyata! Google Kumpulin Data Pribadi Kita, Begini Cara Stopnya

“Kominfo mengumumkan wilayah Jabodetabek dan sekitarnya telah memenuhi kriteria ASO, maka penghentian siaran TV analog oleh seluruh lembaga penyiaran di jabodetabek akan dilakukan secara serempak pada tanggal 5 oktober 2022 pukul 24.00 WIB,” ujar Staf Khusus Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, pada 23 September 2022 lalu.

Set Top Box adalah perangkat yang memiliki fungsi utama untuk mengonversi siaran dari sinyal digital yang berisi gambar dan audio, sehingga bisa ditampilkan pada TV analog.

Dengan STB, TV analog tetap bisa dipakai untuk menonton siaran digital. Jadi, masyarakat Indonesia tak perlu harus membeli TV baru yang mendukung layanan siaran digital atau disebut dengan TV digital.

Kemudian, untuk menikmati siaran digital, masyarakat juga tidak butuh memiliki koneksi internet karena layanan tersebut merupakan free to air (FTA) atau siaran yang bebas diakses tanpa pungutan biaya.

Siaran digital bukanlah layanan streaming yang butuh koneksi internet dan biaya langganan. Masyarakat hanya cukup memiliki STB dan TV analog supaya bisa menonton siaran digital.

Adapun sebelum dapat menayangkan siaran dari sinyal digital, masyarakat perlu mengatur atau setup STB ke TV lama Anda. Bila ingin menonton siaran digital, berikut langkah-langkah untuk setup STB ke TV analog, sebagaimana dilansir laman Indonesia.go.id.

Baca Juga : Cek Jangkauan Siaran TV Digital Melalui Aplikasi sinyalTVdigital

Cara pasang set top box ke TV analog

1. Siapkan perangkat STB dan TV analog
2. Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog
3. Pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati
4. Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog
5. Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama “ANT IN” dan tersedia di bagian punggung STB
6. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog
7. Bila TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.
8. Pastikan STB telah terhubung dengan daya
9. Nyalakan STB dan TV analog
10. Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV
11. Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran
12. Bila daftar saluran siaran digital telah muncul, pilih opsi simpan dan segera bisa menikmati siaran digital di TV analog.

Baca Juga : Mulai Akhir April 2022, Siaran TV Analog di 166 Kabupaten/Kota Dihentikan

Cara pasang STB ke TV analog di atas sangat mungkin berbeda, tergantung dari jenis TV analog dan STB yang dipakai. Untuk setup STB ke TV analog yang lebih jelas, biasanya dapat dilihat di buku panduan perangkat.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini