Beranda Ragam Bingung Memulai Usaha? Ini Dia Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dicoba

Bingung Memulai Usaha? Ini Dia Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dicoba

318
0
Bisnis online
Foto ilustrasi (siarnitas.id) Bingung Memulai Usaha? Ini Dia Ragam Bisnis Online Yang Bisa Dicoba

siarnitas.id – Usaha dengan cara online semakin diminati bagi kaum milenial, terutama tanpa modal atau modal kecil. Alasannya, peluang menjalankan bisnis online kini semakin terbuka, cukup dengan duduk di rumah, Anda sudah bisa menjalankan usaha sendiri.

Ada berbagai pilihan tersedia bagi yang ingin menjalankan bisnis online mulai dari menjadi dropshipper, reseller online, afiliasi, hingga penulis lepas.

Jika Anda masih bingung memulai usaha yang cocok, simak ulasan berikut.

Baca Juga : KTT Y20 Ditutup dengan Penyerahan Communique ke Pemerintah RI

Dropshipper

Bisnis dropship adalah sistem bisnis online yang memungkinkan penjual (dropshipper) hanya perlu memasarkan produk tanpa perlu membeli atau menyetok. Dapat dikatakan sebagai dropshipper, Anda berperan menjadi penjual sekaligus pembeli karena Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan. Ide bisnis modal kecil yang satu ini sangat menguntungkan, karena hanya perlu meneruskan pesanan kepada pemasok.

Oleh karena itu, Anda perlu bekerja sama dengan pemasok. Seperti ide bisnis online lain, Anda bisa memasarkan produk di platform online seperti website atau media sosial. Sebagai dropshipper, Anda bisa memperoleh penghasilan dari selisih harga antara harga pembeli dengan harga jasa dropship Anda.
Reseller

Bisnis reseller adalah sistem penjualan produk online yang memungkinkan Anda bertindak sebagai penjual produk dari pemasok untuk menjualnya kembali kepada pelanggan. Berbeda dengan dropshipper, Anda perlu menyetok barang untuk menjadi reseller. Sebagai reseller, Anda perlu menyiapkan lokasi seperti gudang untuk mengatur penyimpanan barang. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan alur pemasaran, pengemasan, hingga pengiriman barang hingga sampai ke tangan pelanggan.

Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah sistem penjualan produk secara online yang membuat pelaku bisnis (afiliator) memperoleh komisi dari setiap penjualan melalui tautan afiliasi miliknya. Untuk menjadi afiliator, Anda hanya perlu mendaftarkan diri dalam program afiliasi tertentu. Setelah bergabung, Anda akan memperoleh tautan khusus yang mengarahkan audiens menuju produk atau layanan program.

Setiap kali terjadi transaksi yang berasal dari tautan tersebut, Anda akan memperoleh komisi. Umumnya, produk program afiliasi berupa produk digital seperti keanggotaan aplikasi hingga layanan pembuat website. Namun, kini beragam produk fisik seperti kosmetik juga menerapkan program afiliasi untuk memasarkan produk.

Toko online

Toko online juga menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Apabila telah memiliki produk yang siap dijual, Anda perlu menyiapkan toko online untuk memudahkan pelanggan memesan produk. Untuk mendatangkan pelanggan, Anda bisa mempromosikan toko melalui media sosial. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog dan menyematkan tautan menuju toko online Anda.

Baca Juga : Pawon Q Cafe & Catering Tempat Makan Paling Nyaman di Pamulang

Penulis lepas

Siapa bilang menjadi penulis bukan ide bisnis online yang menarik? Saat ini, pebisnis telah sadar betapa pentingnya konten pemasaran, salah satunya melalui konten artikel di blog mereka sehingga jasa penulis lepas menjadi sangat dibutuhkan. Jika memiliki keterampilan menulis dan merangkai kata yang mumpuni, Anda bisa menjadi penulis lepas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Caranya, Anda bisa mendaftarkan diri di platform pekerja lepas seperti Projects.co.id dan Sribulancer.

Selain itu, Anda juga bisa membangun blog atau website sendiri dan mengisinya dengan hasil tulisan Anda. Untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa mempromosikan jasa penulis lepas di berbagai platform media sosial.

Tutor online

Setiap orang memiliki keahlian di bidang tertentu. Di sisi lain, banyak yang ingin memiliki keahlian tersebut tetapi belum menemukan guru atau tutor yang cocok untuk membantu. Ide bisnis dengan menjadi tutor online pun kian diminati. Anda bisa menawarkan keahlian sebagai guru melalui platform tutor online.

Beberapa platform yang mendukung untuk menjadi tutor online adalah Superprof dan SnapAsk. Untuk memasarkan usaha online, Anda bisa mempromosikan jasa melalui media sosial. Anda juga bisa membangun website sendiri dan menyematkan portfolio sebagai bukti tutor online yang layak dan berkualitas.

Jasa pembuatan website

Jika mahir di dunia coding, tak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis online dengan modal kecil ini, pembuatan website, karena sudah banyak bisnis atau perusahaan yang menyadari pentingnya laman usaha tetapi tidak mampu membuatnya. Untuk memulai jasa pembuatan website, Anda perlu memiliki website bisnis sendiri.

Baca Juga : Mahjuro Terpilih Jadi Ketua RW 04 Cipayung Depok

Isi konten website dengan portfolio dan hasil kerja Anda untuk memikat calon pelanggan. Di samping itu, Anda juga perlu cermat dalam memilih target pasar agar bisa menyesuaikan biaya jasa. Untuk memperoleh pendapatan maksimal, Anda bisa bekerja sama dengan penyedia hosting dan domain yang terpercaya.
Itulah tujuh ide usaha online yang dapat dijalankan. Umumnya, ide bisnis online tersebut bisa Anda mulai dengan modal kecil. Namun, Anda tetap membutuhkan waktu dan proses untuk membangun usaha tersebut.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini