Beranda Eksekutif TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel Gelar Cooking Session And Market Day

TK Islam Al-Azhar BSD Tangsel Gelar Cooking Session And Market Day

759
0
TK Al-azhar bsd
Kepala Dinkop UKM Tangsel, Kepala Sekolah TK Al-Azhar BSD beserta jajaran dan para murid TK Al-Azhar BSD Tangsel

siarnitas.id – TK Islam Al-Azhar BSD menggelar kegiatan Cooking Session and Market Day dalam rangka Perayaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Pendopo TK Islam Al-Azhar BSD, Tangerang Selatan. Rabu (28/9).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Tangerang Selatan, Warman Syanudin, Kepala Sekolah TK Islam Al-Azhar BSD, Octavia Nauli, S.Pd., BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD dan para UKM Tangsel yang menampilkan produk untuk dijual.

Kepala Sekolah TK Islam Al-Azhar BSD, Octavia Nauli, S.Pd yang biasa dipanggil dengan Ibu Uli mengatakan kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan Perayaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang rutin memang dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga : Majelis BKOMS Al-Azhar BSD Tangsel Periode 2022-2023 Dilantik

“Kami mengangkat kegiatan yang sudah kita mulai kegiatan projek ini sejak hari Senin (26/9) sampai Jumat (30/9). Senin dan Selasa sudah kita lakukan dengan kegiatan cooking session dan Rabu sampai Jumat ini kita isi dengan market day,” kata Ibu Uli dengan sapaannya saat diwawancara.

Kepala Sekolah TK Islam Al-Azhar BSD, Octavia Nauli, S.Pd

Menurutnya, pihaknya juga bekerja sama dengan BKOMS TK Islam Al-Azhar BSD dan UKM binaan dari Dinkop UKM Tangerang Selatan yang dimana pihaknya ingin mengangkat tema Tangerang Selatan itu sendiri, dengan konsep market day pihaknya mengundang UKM tersebut.

“Syukur Alhamdulillah ini disambut baik oleh Dinkop UKM Tangerang Selatan, karena saya mengintegrasi ke market day-nya jadi kami mengundang para UKM,” katanya.

Lebih lanjut, hari Rabu dan Kamis ini untuk kegiatan anak-anak TK, karena memang untuk mengenalkan transaksi jual belinya.

“Jadi terkait kegiatan ini kami mengedarkan surat edaran kepada orang tua untuk membekali anak-anak sejumlah uang Rp 50.000 dengan pecahan uang Rp 5.000 dan Rp 10.000 yang nantinya akan dibelanjakan anak-anak selama 3 hari tersebut,” ungkapnya.

Ibu Uli mengungkapkan awalnya pihaknya mau menggunakan kupon, akan tetapi jika memakai kupon berarti anak-anak tidak dapat memegang uangnya langsung, sedangkan pihaknya ingin mengenalkan mata uangnya langsung.

Menurut Ibu Uli, kegiatan tersebut banyak manfaatnya, karena dapat menumbuh kembangkan potensi dan karakter kepada anak-anak usia TK dan pihaknya berharap kegiatan ini nantinya berguna untuk kehidupan sehari-hari kepada anak.

Baca Juga : Sambut Dirgahayu Kemerdekaan ke-77 RI, Mercure Serpong Alam Sutera dan ASIPA Gelar Bazaar UMKM

“Kegiatan ini banyak mengajarkan karakter kepada anak mulai dari keberanian, kemandirian, performance, mengemukakan pendapat, percaya diri, bersosialisasi dan melatih verbalnya anak. Jadi market day-nya versi anak ini ingin kita realisasikan karena nantinya akan berguna dalam kehidupan anak itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Tangsel, Warman Syanudin mengatakan kegiatan tersebut memberikan edukasi untuk anak-anak murid TK Islam Al-Azhar BSD.

“Alhamdulillah ini memberikan edukasi kepada anak-anak murid TK, karena anak-anak kita dorong mengerti wirausaha dan kalau sudah tertanam dibenaknya bahwa wirausaha itu sangat bagus,” kata Warman saat diwawancara di lokasi.

Menurutnya, mereka lakukan secara langsung, baik belanjanya dengan pegang uangnya hingga dengan harga yang dibelinya.

Lebih lanjut, pihaknya sangat mendukung sesuai dengan hasil himbauan Dinkop UKM Tangsel kepada koperasi agar anak-anak diberikan pengalaman kewirausahaan supaya tertanam pada dirinya.

“Ini yang terpenting bahwa anak-anak khususnya di TK Islam Al-Azhar mengenal apa itu wirausaha, produk UKM, alat pembayaran hingga cara membeli dan menjual,” tutupnya.

Sementara, perwakilan Badan Kerjasama Orangtua Murid dan Sekolah (BKOMS) TK Islam Al-Azhar BSD, Ibu Dhana Luther Dinda mengatakan kegiatan tersebut sangat positif untuk anak-anak lantaran bisa mengenal UKM.

“Kegiatan ini sangat positif untuk anak-anak. Karena untuk mengenal dengan adanya UKM kita bisa membantu pedagang kecil untuk meningkatkan pendapatan para UKM tersebut,” kata Yesril.

TK Al-Azhar BSD Tangsel
Perwakilan BKOMS TK Al-Azhar BSD Tangsel

Ia menuturkan kegiatan tersebut banyak sekali manfaat dalam mengajarkan anak-anak, karena bisa mengenal produk UKM di Tangsel.

“Mengajarkan anak-anak untuk mengenal produk UKM khususnya Tangsel ini memiliki makanan tradisional dan kerajinan tangan yang bisa dimanfaatkan lebih baik lagi,” tuturnya

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, UKM di Tangsel bisa lebih maju dalam mengembangkan produk UKM-nya.

Baca Juga : Majukan Koperasi dan Wirausaha Muda, Dinkop UKM Tangsel Jalin Kerjasama Dengan Unpam

“Semoga UKM Tangsel bisa lebih baik lagi dan lebih maju lagi,” tandasnya.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini