Beranda Ragam Tips Agar Anak Gemar Makan Sayur

Tips Agar Anak Gemar Makan Sayur

160
0
Anak makan sayur
Ilustrasi anak sedang makan sayur

siarnitas.id – Makan sayur adalah hal yang sangat penting untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Kandungan serat di dalam sayur juga bisa membantu mencegah konstipasi pada anak maupun orang dewasa.

Apabila anak tidak suka makan sayur, pasti orang tua akan cemas jika anak sudah mulai melakukan gerakan tutup mulut untuk makan sayur.

Baca Juga : Tolak Pembongkaran Lahan, Puluhan Pedagang Lempar Sayuran Busuk ke Kantor Pemkab Serang

Kini para orang tua jangan khawatir, karena siarnitas.id akan memberikan tips dan trik supaya si kecil suka makan sayur. Simak ulasan berikut ini:

1. Kenalkan makan sayur sejak dini

Orang tua bisa mengenalkan sayur dan buah sejak dini kepada si kecil merupakan awal yang baik agar anak gemar makan sayur.

Ibu bisa memberikannya saat awal MPASI. Berikan porsi kecil saat awal MPASI. Ibu juga bisa mengkombinasikan beberapa macam sayur dalam satu makanan. Dengan mengenalkan sayur pada anak sejak dini, anak akan terbiasa dan familiar dengan rasa sayur-sayuran.

2. Mulai dengan Jumlah Kecil

Baca Juga : Tips Supaya Bangun Tidur Jadi Berkualitas, Nomor 5 Jarang Dilakukan

Anak-anak akan membutuhkan waktu untuk menyukai rasa sayur yang cenderung hambar. Meskipun kadang mereka menolak makan, orang tua harus terus berupaya memberikan sayur pada anak meski dalam jumlah yang sedikit.

Apabila anak sudah mulai menerima rasa pada sayur, secara bertahap tambahkan porsi sayur agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak.

3. Buat Variasi yang Menarik

Sayuran bisa dibuat dengan berbagai macam campuran makanan. Contohnya sebagai topping pasta atau bisa juga dibuat sandwich dengan isian telur atau daging ayam dengan pelengkap selada dan tomat.

Baca Juga : 6 Cara Atasi Masuk Angin Dengan Bahan Sederhana, Jangan Sering Kerokan

Selain itu, ubah bentuk sayur-sayuran dan kreasikan semenarik mungkin agar anak tertarik untuk memakannya.

Dengan demikian, itulah beberapa cara tips dan trik supaya anak-anak gemar makan sayur. Semoga bermanfaat ya!

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini