Beranda Eksekutif Tandon Serua River Park Bakal Diresmikan pada Tahun 2024

Tandon Serua River Park Bakal Diresmikan pada Tahun 2024

150
0
Tandon Serua River Park Kota Tangerang Selatan (Tangsel)
Foto: Tandon Serua River Park Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Pembangunan Tandon Serua River Park Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal rampung pada Desember 2023 dan diresmikan pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan tandon tersebut merupakan upaya pemerintah dalam penanggulangan banjir, karena sudah memasuki musim penghujan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, Eka Pribawa mengatakan, tandon yang dinamakan dengan Serua River Park mampu menampung volume air mencapai 10 ribu meter kubik.

Menurut Eka, akhir tahun 2023 ini pembangunan Tandon Serua River Park rampung dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tangsel.

“Di Desember ini akan selesai dan 2024 akan diresmikan,” katanya, ditulis pada Jumat (15/12/2023).

Dikatakan Eka, Tandon tersebut berguna untuk menampung debit air. Terutama ketika hujan deras terus mengguyur.

“Dengan luas 5700 meter persegi. Ketinggian 4 meter, dan kedalaman 4 meter. Intinya untuk menanggulangi banjir. Kalau ada hujan ini kita tampung dulu ke kolam tampungan atau tandon. Kalau sudah menampung nanti dialihkan melalui saluran itu,” tuturnya.

Selain untuk menampung debit air, DSDABMBK Kota Tangsel juga melengkapi fasilitas area tandon dengan adanya lintasan jogging. Sehingga nantinya masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dan kenyamanan tandon tersebut.

“Ada pagar pengaman, kemudian ada gapura, dan ada penerangan, papan informasi larangan sama nanti ada podium di ujungnya, dan tentunya jogging track dengan panjang 325 meter,” pungkasnya.

Perlu diketahui sampai saat ini sudah ada 7 tandon baru yang dibangun oleh DSDABMBK dititik banjir.

Sementara DSDABMBK telah membangun 3 long storage sebagai parkir air saat hujan turun. Salah satunya di perumahan Pondok Jagung, Serpong Utara.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini