Beranda Ragam Satu Kali Berhubungan Seks, Apakah Bisa Hamil? Ini Dia Penjelasannya

Satu Kali Berhubungan Seks, Apakah Bisa Hamil? Ini Dia Penjelasannya

438
0
berhubungan seks
Foto ilustrasi (siarnitas.id) Satu Kali Berhubungan Seks, Apakah Bisa Hamil? Ini Dia Penjelasannya

siarnitas.id – Setelah menikah, mungkin dari beberapa pasangan suami istri ingin langsung mendapatkan momongan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal itu adalah dengan rutin berhubungan seks.

Selain menerapkan pola hidup sehat, para ahli menyarankan berhubungan seks secara rutin apabila ingin meningkatkan peluang kehamilan.

Lantas, bisakah kehamilan terjadi hanya dengan satu kali berhubungan seks?

Baca Juga : Begini Ciri-Ciri Orang Suka Nonton Video Wik..Wik.., Kamu Termasuk?

Setiap kali berhubungan seks, maka akan meningkatkan peluang kehamilan. Jadi, apakah kehamilan bisa terjadi hanya dengan satu kali berhubungan seks? Jawabannya bisa, apalagi, bila saat berhubungan seks sedang masa subur dan tanpa alat kontrasepsi.

Dilansir Kids Health, semua perempuan selalu memiliki peluang untuk hamil setiap kali berhubungan seks. Apalagi, jika rutin dilakukan selama masa ovulasi.

Rutin berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi selama ovulasi dapat meningkatkan jumlah sperma yang siap untuk dibuahi.

Mengutip Healthline, bercinta lima hari sebelum ovulasi pun sebenarnya dapat meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Baca Juga : Digaji Rp 296 Juta Perjam, Pekerjaan Wanita ini Bikin Geleng Kepala

Namun, kemungkinannya bisa lebih tinggi lagi apabila berhubungan sehari setelah ovulasi dan satu hari sebelum sel telur dilepaskan.

Dengan kata lain, peluang wanita hamil lebih tinggi saat hari ovulasi, karena sel telur yang sudah matang kemudian dikeluarkan menuju tuba falopi. Sel telur ini bisa bertahan selama 12-24 jam, lalu siap untuk dibuahi dengan sel sperma. Apabila sel sperma dalam keadaan sehat dan berkualitas baik, pembuahan akan terjadi setelah bertemu dengan sel telur tersebut.

Pembuahan pun dapat segera terjadi setelah berhubungan seksual. Para ahli mengungkapkan, sperma dapat menavigasi rahim dan saluran tuba untuk mencapai sel telur 30 menit usai suami ejakulasi.

Baca Juga : Penting Bagi Orang Tua!, Begini Cara Edukasi Anak Dari Pelecehan Seksual

Namun, Very Well Family melansir, Anda tetap harus berhubungan seksual sepanjang siklus untuk menjaga kualitas sperma tetap sehat. Jika jumlah sperma di batas normal atau sedikit di bawahnya, dokter umumnya akan merekomendasikan pasangan berhubungan seks setiap hari selama masa subur. Di luar masa subur, Anda tetap perlu berhubungan seks setidaknya 2-3 kali sepekan.

Maka dari itu, penting bagi wanita untuk memahami kapan siklus menstruasi dan masa ovulasi berlangsung. Biasanya, wanita hanya subur hingga 6 hari per bulannya dan sel telur yang layak dibuahi hanya bertahan 12-24 jam. Anda memang bisa melakukan seks berkali-kali dengan suami, namun jika tidak dilakukan pada waktu yang tepat, peluang kehamilan cenderung lebih kecil.

Jadi, bagi sebagian pasangan, tidak perlu melakukan hubungan seks berkali-kali untuk mencapai pembuahan. Dengan sekali bercinta pun, peluang untuk hamil juga tetap bisa terjadi.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini