Beranda Uncategorized Sambut Hari Pramuka ke-60, Ini Makna Dibalik Tema dan Logonya

Sambut Hari Pramuka ke-60, Ini Makna Dibalik Tema dan Logonya

939
0
Hari Pramuka
Logo Hari Pramuka ke-60

siarnitas.id – Dalam rangka menyambut Hari Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) telah menetapkan tema dan logo Hari Pramuka ke-60 melalui Surat Keputusan Nomor 27 Tahun 2021.

Surat tersebut memuat instruksi dari Kwarnas kepada seluruh jajaran Kwartir, Satuan Karya, Satuan Komunitas, dan Gugus Depan untuk menggunakan Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka di setiap kegiatan.

Tema dan logo Hari Pramuka ke-60 bukan sekadar simbol biasa. Keduanya mengandung makna tersirat terkait semangat dan kepribadian Gerakan Pramuka di Indonesia. Apa saja maknanya? Simak pembahasannya di sini.

Tepat pada tanggal 14 Agustus 2021, Hari Pramuka mengusung tema berjudul “Berbakti Tanpa Henti” untuk memperingati hari jadinya ke-60.

Sementara itu logo yang berupa angka 60 dengan warna merah dan putih. Pada logo tersebut, terdapat lambang WOSM di Tengah angka 0. Kemudian, ada juga gambar tunas kelapa yang merupakan lambang Gerakan Pramuka.

Tulisan Pramuka dan Indonesia Scout Movement juga disematkan di samping lambang tunas kelapa. Lalu, slogan “Berbakti Tanpa Henti” di bagian paling bawah logo.

1. Warna Merah

Warna merah pada logo melambangkan sikap berani dan kesatria, sedangkan warna putih mencerminkan kerelaan dan ketulusan dalam berbakti.

2. Angka 60

Pada angka ini menggambarkan Gerakan Pramuka yang sudah genap berusia 60 tahun. Angka 6 dengan tangkai yang berkombinasi dengan daun nyiur yang menunjukkan kecintaan Pramuka kepada Indonesia.

3. Lambang WOSM

Di Tengah angka 0, terdapat lambang Word Organization of the Scout Movement (WOSM) atau Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia. Lambang ini menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

4. Slogan Berbakti Tanpa Henti

Slogan “Berbakti Tanpa Henti” yang terdapat di bagian paling bawah logo mengandung makna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapan pun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini