PSC 119 Tangsel Sosialisasi Cara Bantuan Hidup Dasar di Seluruh Puskemas

0
Psc 119 tangsel
Foto (siarnitas.id) Koordinator PSC 119 Kota Tangsel, Tony Yohana pada saat menyampaikan paparan Bantuan Hidup Dasar di Puskesmas Pamulang. Selasa (2/8).

siarnitas.id – PSC (Public Safety Center) 119 Kota Tangsel menggelar sosialisasi ‘Bantuan Hidup Dasar’ di seluruh puskesmas Kota Tangerang Selatan, untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) puskesmas dalam penanganan gawat darurat.

Koordinator PSC 119 Kota Tangsel, Tony Yohana mengatakan pihaknya sudah berjalan sosialisasi di dua puskesmas Kota Tangsel dan akan dilanjutkan keseluruh puskesmas di Kota Tangsel.

“Di Tangsel ini ada sekitar 35 Puskesmas. Agenda ini sudah berjalan ke 2 puskesmas, kemarin dihari kamis itu di puskesmas Pondok Aren dan selasa di puskesmas Pamulang dan masih ada 33 puskesmas yang di Tangsel belum kita kunjungi,” kata Tony usai melakukan kegiatan di puskesmas Pamulang. Selasa (2/8).

Baca Juga : Call 119, Dinkes Tangsel Sediakan Ambulance Gratis

Menurutnya, materi yang sampaikan adalah Bantuan Hidup Dasar, jadi maksudnya bagaimana melakukan tindakan kepada pasien yang henti nafas di jantung. Seperti pasien yang kena serangan jantung dan itu ada penanganan-penanganan khususnya.

“Kejadian-kejadian pasien yang terkena jantung itu sangat tinggi ya. makanya untuk diprioritaskan pelatihan gawat darurat masalah penanganan pasien yang terkena jantung,” ungkapnya.

Tony menegaskan pelatihan ini diperuntukan bukan hanya kepada perawat atau dokter saja, melainkan untuk masyarakat. Karena bantuan hidup dasar ini tidak hanya bisa digunakan atau dilakukan oleh medis saja, tetapi non medis juga bisa mengikuti pelatihan tersebut.

“Karena kejadiannya pun tidak hanya di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan atau di puskesmas tapi bisa terjadi dimana aja. maka dari itu, materi bantuan hidup dasar ini perlu disebar luaskan ke masyarakat awam,” tegasnya.

Baca Juga : Musrenbang Forum OPD, Dinkes Tangsel Fokuskan Pelayanan Kesehatan

Oleh karenanya, Tony mengungkapkan apabila ada masyarakat umum yang ingin mengikuti pelatihan tersebut sangat bisa. Justru menjadi program atau agenda PSC 119 Kota Tangsel juga dalam pelatihan dasar bantuan hidup untuk masyarakat awam.

“Untuk yang ingin mengikuti pelatihan tersebut, bisa menghubungi Call Center PSC 119 Kota Tangsel, kami ada juga di media sosial Instagram dan Facebook bisa di cek PSC 119 Kota Tangsel,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini