Beranda Ragam Peringati Bulan Bahasa 2023, SDN Pakualam 01 Gelar Lima Kategori Lomba

Peringati Bulan Bahasa 2023, SDN Pakualam 01 Gelar Lima Kategori Lomba

114
0
SDN Pakualam 01 Tangsel
Foto: SDN Pakualam 01 Tangsel menggelar kegiatan memperingati bulan bahasa.

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Dalam memperingati Bulan Bahasa 2023, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pakualam 01 kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar lima kategori perlombaan.

Dari lima kategori perlombaan tersebut, dari lomba puisi hingga lomba mendongeng yang diikuti dari kelas 1 hingga kelas 6.

Baca Juga : Forum NGO Tangerang Raya Tuntut Oknum Penipu Penerimaan Pegawai di Lingkungan Pemkot Tangsel

Kepala Sekolah SDN Pakualam 01, Ratu Yuliana mengatakan, kegiatan perlombaan ini dalam menggiatkan kembali bulan bahasa dan sastra Indonesia.

Sehingga, mengaktifkan serta menambah wawasan ke anak-anak pentingnya Bahasa Indonesia.

“Salah satunya sebagai budaya kita sebagai bangsa Indonesia menanamkan kepada anak-anak pentingnya melestarikan Bahasa kita sendiri Bahasa Indonesia, selain Bahasa daerah atau Bahasa ibu yang anak-anak miliki,” katanya kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Dirinya menuturkan, peringatan bulan bahasa ini juga meningkatkan potensi anak-anak di bahasa lainnya, seperti Bahasa Inggris yang digunakan di komunikasi Internasional.

“Ini adalah salah satu bentuk wujud sekolah mengkomitmenkan kepada anak,” ujarnya.

“Bahwa pentingnya menjaga kelestarian budaya kita salah satunya Bahasa Indonesia sebagai pemersatu Indonesia,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan ada kurang lebih 5 kategori lomba yang diikuti puluhan siswa dari kelas 1 hingga kelas 6.

Ada lomba puisi untuk kelas 1 dan 2, lalu lomba menyanyi solo untuk kelas 3 dan 4, menyanyi grup atau paduan suara kelas 3 hingga kelas 6.

“Kemudian lomba pidato Berbahasa Inggris untuk kelas 4 dan kelas 5, lomba pidato berbahasa Indonesia untuk kelas 3 dan kelas 6, kemudian ada lomba mendongeng itu dari kelas 4 dan kelas 5,” ujarnya.

“Kira-kira kurang lebih hampir ada sekitar 51 orang ya dari seluruh kelas 1 sampai kelas 6,” sambung dia.

Baca Juga : UMK 2024 Tangsel, Serikat Pekerja dan Buruh Sebut Perhitungan Formula APINDO Hanya Naik Rp 119 Ribu

Dirinya berharap, kegiatan ini akan terus berlanjut di SDN Pakualam 01 Kota Tangsel dan mudah-mudahan akan di jadikan agenda rutin atau program sekolah.

“Harapannya mungkin dari segi pelaksanaan, kesiapan, semuanya ingin menjadi lebih baik lagi dan yang terpenting adalah kami sebagai pendidik bahwa semakin memupuk rasa kecintaan anak-anak kepada bahasanya sendiri yaitu bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini