Pengganti Dudung E Diredja, Walikota Tangsel Diminta Jangan Ada Titipan Politik

0
PT pits
Foto (siarnitas.id) Pengganti Dudung E Diredja, Walikota Tangsel Diminta Jangan Ada Titipan Politik

siarnitas.id – Walikota Tangsel Benyamin Davnie diminta memilih sosok figur sebagai Direktur Utama PT PITS (Pembangunan Investasi Tangerang Selatan) terlepas dari unsur politis. Hal itu usai dikabarkan atas pengunduran diri Dudung E Diredja terhitung sejak 25 Juli 2022 lalu.

Pengamat Analisis Politik dan Kebijakan Publik, Adib Miftahul mengatakan, Walikota Tangsel sebagai pemegang saham penuh diminta jangan asal memilih figur apalagi titipan politik semata. Pasalnya, PT PITS sebagai perusahaan BUMD saat ini dituntut sumbangsih untuk pemasukan kas daerah.

“Benahi struktur internal manajemen dengan jangan mengulang kesalahan mengangkat dirut yang conflict of interesnya tinggi. Tidak boleh lagi ada figur dari unsur politis titipan yang hanya numpang jabatan,” ungkap Adib melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga : Terhitung 25 Juli 2022, Dudung E Diredja Mundur dari Direktur Utama PT PITS

Dosen Fisip Unis juga menyebutkan, pengunduran diri Dudung E Diredja dinilai bukan atas kemauan dirinya saja, melainkan diduga adanya paksaan politis.

“Narasi yang menyebutkan Dudung mengundurkan diri hanyalah sebatas narasi etika manajemen yang soft dipilih. Dudung dipaksa mundur kalau menurut saya,” sebutnya.

Meski begitu, lanjut Adib, pengunduran diri Dudung E Diredja dinilai dapat menyelamatkan manajemen PT PITS terutama persoalan keuangan.

“Penyelamatan uang rakyat tangsel dari BUMD tak produktif harus dilakukan.
Secara politik kebijakan, Ben bisa membuat Dudung mundur langkah yg efektif. Ini ketegasan. Mending terlambat atau tidak sama sekali. Yg penting diganti dulu dirutnya,” selorohnya.

Ia juga menyinggung, Pelaksana tugas (Plt) Dirut PT PITS yang saat ini dijabat oleh Komisaris Utama (Komut) PT PITS, Tubagus Hendra Suherman dianggap keliru. Pasalnya, komisaris bertugas mengawasi kinerja direksi.

“Pengangkatan Komut sebagai Plt Dirut adalah sebuah kesalahan. Harusnya ambil dari salah satu Dirut, agar pengawasan menjadi efektif. Gimana Komut yang tugasnya mengawasi yang dirutnya juga dia sendiri? Susah efektif,” tandasnya.

Baca Juga : Dishub Tangsel Gelar Sosialisasi Kenaikan Tarif KIR, Heris : Upaya Mengoptimalkan PAD Tangsel

Dikabarkan sebelumnya, Dudung E Diredja membenarkan pengunduran dirinya dari jabatan Dirut PT PITS. Hal itu juga dikuatkan oleh Walikota Tangsel Benyamin Davnie atas pengunduran dirinya sejak 25 Juli 2022.

“Pak Dudung mengundurkan diri. Plt, pak Hendra (Komut),” ungkap Benyamin Davnie.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini