Beranda Eksekutif Pemerintah Imbau Pengusaha Berikan THR Sebelum 19 April 2023

Pemerintah Imbau Pengusaha Berikan THR Sebelum 19 April 2023

175
0
Thr
Ilustrasi uang

siarnitas.id – Pemerintah Republik Indonesia menghimbau kepada pengusaha untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) pekerja sebelum 19 April 2023. Supaya, para pekerja bisa melakukan mudik lebih awal.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga : Sahur On The Road, Polresta Tangerang Wajib Pemberitahuan ke Polisi

Menurut Budi, hal tersebut perlu dilakukan agar para pekerja juga bisa mudik lebih awal, sehingga bisa mengurai kemacetan.

“Satu hal yang kami imbau terutama berkaitan dengan swasta agar memberikan THR lebih awal, sehingga tanggal 18 (April) dipastikan mereka (pekerja) sudah terima THR dan mereka bisa melakukan perjalanan sejak 18 (April) awal,” kata Budi.

Selain Budi menghimbau kepada pengusaha untuk memberikan THR lebih awal, Budi mengusulkan agar cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dimajukan dua hari menjadi tanggal 19 hingga 26 April 2023.

Ia mengklaim usul itu sudah disepakati Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Padahal, berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri, cuti bersama lebaran Idulfitri 2023 dari tanggal 21 hingga 26 April.

“Kami bersama bapak Kapolri mengusulkan (cuti bersama) maju dua hari, 19 sudah libur. Jadi tanggal 20 masih libur masuk tetap tanggal 26,” ujar Budi.

Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) THR sendiri akan diberikan negara maupun pengusaha kepada pekerjanya sebesar satu bulan gaji. Bagi pekerja yang bekerja kurang dari 12 bulan akan menerima THR secara proporsional.

Hal itu sesuai Pasal 79, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, perusahaan akan dikenakan sanksi apabila tidak memberikan THR kepada pekerjanya. Sanksi itu bertingkat mulai dari teguran hingga pembekuan operasional.

Baca Juga : Resmi! Pemerintah Terbitkan Harga Acuan Pangan, Ini Daftar Lengkapnya

Tahun 2023 ini, jatuhnya Idul Fitri kemungkinan akan berbeda antara Muhammadiyah dan pemerintah. Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 21 April. Sementara, dalam kalender pemerintah, lebaran jatuh pada 22-23 April.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini