MRI 3 Tesla, Teknologi Terkini Punya RS Premier Bintaro

0
MRI
Foto (siarnitas.id) Moderator (kiri) Erni Rosnawati, Narasumber (tengah) dr. Raditya Utomo, Sp.Rad (K) RI dan (kanan) dr. Riris Himawati, Sp.Rad

siarnitas.id – Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro menyelenggarakan Media Gathering dalam meluncurkan teknologi terkini bernama MRI 3 Tesla, diselenggarakan di Ruang Krakatau, lantai 5, RS Premier Bintaro. Selasa (26/7).

Kegiatan tersebut dengan menghadirkan dua narasumber dari Spesialis Radiologi yaitu: dr. Raditya Utomo, Sp.Rad (K) RI dan dr. Riris Himawati, Sp.Rad serta peserta dari media seluruh Indonesia.

RS Premiere Bintaro, Dr. Widya mengatakan pihaknya telah meluncur teknologi yang terbaru pada 3 Juli 2022 dan juga sudah banyak ratusan pasien yang mencoba teknologi tersebut.

“RS Premier Bintaro telah meluncurkan teknologi terkini yaitu MRI 3 Tesla pada 3 Juli 2022. Sudah 500 pasien yang telah menggunakan MRI 3 Tesla ini,” kata Widya.

Baca Juga : Mantan KPU Depok Jadi Tersangka, Ini Kasusnya

Ia menambahkan dengan kegiatan ini, masyarakat Indonesia tidak perlu untuk repot lagi ke luar negeri. Sebab, di RS Premiere Bintaro sudah melengkapi alat teknologi yang terbaru.

“Lingkup besar nya supaya masyarakat Indonesia tidak perlu repot-repot lagi ke luar negeri,” tambahnya.

Sementara itu, dr. Riris Himawati, Sp.Rad mengatakan RS Premier Bintaro sudah sangat lengkap alat teknologi nya. Apalagi, dengan hadirnya MRI 3 Tesla menggunakan alat teknologi yang modern.

“RS Premier Bintaro kini menghadirkan fasilitas kesehatan radiologi terbaru berupa teknologi MRI 3 Tesla Signa Pioneer. MRI kami ini sudah dilengkapi dengan Artificial Intelegen (AI) dan juga AIR Coil,” kata Riris.

MRI 3 Tesla yang ada di RS Premier Bintaro hanya menggunakan medan magnet, sehingga pasien tidak perlu kuatir terkena paparan radiasi.

“Medan magnet yang dimiliki MRI 3 Tesla ini sudah dinyatakan aman untuk pasien karena telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan pendukung, seperti pemberian magnetic shielding dalam ruangan MRI, pemasangan walk through metal detector, dilakukannya skrining riwayat kesehatan pasien, serta pemeriksaan MRI dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten,” ungkapnya.

Riris berpesan untuk masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan harus menggunakan surat dari dokter. Supaya bisa ditindak lebih lanjut. Ia juga mengingatkan untuk pemeriksaan kepada anak-anak juga sangat bisa.

“Apabila ada yg ingin melakukan pemeriksaan, maka yg diperlukan adalah surat rujukan atau keterangan klinis dari dokter dan juga apabila tidak ada kontras tidak perlu persiapan dan kalau sudah kontras seperti penyakit infeksi, tumor itu persiapannya harus puasa selama kurang lebih 4-5 jam, tetapi ada sampai pemeriksaan lain puasa selama 8 jam,” pesannya.

“Pemeriksaan untuk anak-anak dengan menggunakan MRI 3 Tesla sangat bisa. Tetapi diusahakan harus dibujuk oleh orang tuanya,” tambahnya.

Pemeriksaan dengan menggunakan MRI 3 Tesla sangat cepat  dan dapat memangkas waktu sampai 40-60%. Bahkan, dengan menghabiskan waktu 5 menit bisa menghasilkan 6 gambar.

Ditempat yang sama, dr. Raditya Utomo, Sp.Rad mengatakan teknologi Artificial Intelegence itu kita dibantu dengan digital komputerisasi.

“MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya,” kata Raditya.

MRI 3 Tesla ini memiliki diameter gantry atau kerangka lubang pemeriksaan yang lebih luas, yaitu 70 cm, sehingga pasien akan merasa lebih nyaman dan kekhawatiran pun berkurang.

“Jadi, dengan pemeriksaan 5 menit kualitas gambar pencitraan lebih baik dan optimal untuk mendiagnosa kasus stroke, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat dan meyakinkan,” ungkapnya.

MRI 3 Tesla sudah banyak di Indonesia tetapi di Tangerang Selatan baru ada di RS Premiere Bintaro yang mempunyai MRI 3 Tesla. MRI 3 Tesla mempunyai keunggulan di RS Premier Bintaro dimana untuk gambaran tulang seharusnya bisa terlihat bagus pada CT Scan tetapi dengan teknologi terbaru dari RS Premier Bintaro kita bisa melakukan MRI tulang khususnya pada anak-anak yang mungkin untuk mengurangi radiasi.

Baca Juga : Roy Suryo Ditetapkan Jadi Tersangka, Ini Kasusnya

“MRI 3 Tesla ini dilengkapi dengan software Silence Scan untuk mengurangi suara yang timbul, terutama pada pemeriksaan brain, ditambah lagi ada software ART (Accoustic Reduction Technology) yang dapat mengurangi kebisingan tersebut. Ruangan MRI pun didesain dengan sangat elegan, dilengkapi dengan mood light, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan ketenangan kepada pasien selama pemeriksaan dilakukan,” imbuhnya.

“Dengan teknologi MRI 3 Tesla ini dimana MRI sebelumnya sulit dilakukan tetapi dengan MRI 3 Tesla sangat mudah, aman dan nyaman untuk pasien,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini