Beranda Eksekutif KPU Tangsel Tetapkan 1.022.237 DPT Pemilu 2024

KPU Tangsel Tetapkan 1.022.237 DPT Pemilu 2024

240
0
Dpt pemilih Tangsel
Foto: KPU Tangsel Rapat Pleno Terbuka yang dilaksanakan di Resto Hungry Hatt, BSD, Serpong, pada Rabu (21/6/2023).

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Rapat Pleno Terbuka yang dilaksanakan di Resto Hungry Hatt, BSD, Serpong, pada Rabu (21/6/2023).

Dalam Rapat Pleno terbuka di hadiri oleh PPK Se-kota Tangerang Selatan, partai politik pemilu 2024, Asda 1, kesbangpol, kepala Dinas Disdukcapil, kantor Cabang Dinas pendidikan, Kejaksaan Negeri, Polres, Dandim 0506, perwakilan Panti Werdha Bina Bakti, perwakilan Panti Werdha Kristen Hana, perwakilan Pesantren Takhasus IIQ, turut hadir juga KPU Provinsi Banten dan Bawaslu Provinsi Banten.

Baca Juga : KPU Tangsel Lagi Pemaparan Diinterupsi Anggota Komisi II DPR RI

Rapat Pleno Terbuka di hadiri juga oleh komisioner KPU Kota Tangsel, Bapak M. Taufiq MZ, Bapak Ajat Sudrajat, Bapak Bambang Dwitomo, Ibu Widya Victoria M dan Ibu Heni Lestari.

Ketua KPU Tangsel, M. Taufiq MZ mengatakan, pemutakhiran data pemilih di kota Tangsel merupakan proses panjang pemutakhiran data pemilih dari Kemendagri berupa Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Data pemilih sangat dinamis banyak perubahan sepanjang proses berjalan untuk menuju Daftar Pemilih Tetap, setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap akan diakomodir di Daftar Pemilih Khusus (DPK),” kata Taufik dalam siaran persnya, ditulis Kamis (22/6/2023).

Dirinya memberikan apresiasi yang sangat mendalam atas kerja keras, dedikasi yang luar biasa untuk jajaran Badan Adhock.

“Tingkat kelurahan Panitia Pemungutan Suara (PPS), tingkat kecamatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih),” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan, Heni Lestari mengatakan, perjalanan pemutakhiran data pemilih mulai dari Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) hingga DPSHP Akhir di tingkat PPS dan PPK, serta menjelaskan tentang TPS di Lokasi Khusus (loksus).

“Untuk TPS di Lokasi Khusus, KPU Kota Tangerang selatan memiliki 3 (tiga) TPS di lokasi khusus yaitu: Panti Werdha Bina Bakti (Babakan – Setu), Panti Werdha Kristen Hana (Kedaung – Pamulang) dan Pesantren Takhasus IIQ – Jakarta (Pamulang Timur – Pamulang),” kata Heni.

Dengan adanya TPS di lokasi khusus, lanjut Heni, menjadikan bertambahnya Jumlah TPS di Kota Tangerang Selatan yang semula 3.821 TPS menjadi 3.824 TPS.

“Perbedaan penomeran TPS di lokasi khusus dengan TPS reguler adalah untuk TPS Loksus di awali dengan angka 9 (sembilan),” katanya.

Adapun pergerakan data pemilih KPU Kota Tangerang Selatan di mulai dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sejumlah 1.026.913 pemilih, dengan rincian Laki – laki 504.118 pemilih dan perempuan 522.795 pemilih.

“Lalu untuk Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sejumlah 1.023.851 dengan rincian laki – laki 502.593 pemilih dan perempuan 521.258 pemilih,” katanya.

Sehingga, data DPSHP mengalami perubahan saat rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kota Tangerang Selatan karena adanya pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) dan tambahan Pemilih baru.

“Adapun rincianya sebagai berikut : TMS sebanyak 2.841 dan pemilih baru sebanyak 1.227. Jadi total DPT Kota Tangerang Selatan sebanyak 1.022.237 pemilih yang tersebar di 7 kecamatan, 54 kelurahan dengan rincian laki – laki 501.755 pemilih dan perempuan 520.482 Pemilih,” katanya.

Rincian Pemilih TMS adalah : Meninggal 1.089 pemilih, ganda Reguler 1.066 pemilih, ganda luar negeri 322 pemilih, ganda Lokasi Khusus 351 pemilih, di bawah umur 4 pemilih, Polri 9 pemilih.

Baca Juga : Satu Bacaleg PAN Tangsel Terdata di Parpol Lain, Asropi: KPU Yang Memutuskan

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT, KPU Kota Tangerang Selatan menerima masukan dan tanggapan data dari Bawaslu Kota Tangerang Selatan dengan rincian sebagai berikut: TMS meninggal sebanyak 4 pemilih, dan data pemilih baru sebanyak 11 pemilih.

“Keseluruhan data ini telah di lakukan pencermatan dan di tindak lanjuti. Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT di tuangkan dalam Berita Acara Nomor : 198/PK.01-BA/3674/2023 Tanggal 21 Juni 2023,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini