Beranda Eksekutif KPU Tangsel Sebut Pendataan Coklit Sudah Capai 78 Persen

KPU Tangsel Sebut Pendataan Coklit Sudah Capai 78 Persen

42
0
Coklit Tangsel
Foto: Ketua KPU Tangsel, M Taufik MZ

siarnitas.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), M Taufik MZ menyebut pendataan dan penelitian (Coklit) para pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih di Tangsel sudah mencapai 78 persen.

Dirinya mengatakan, petugas Pantarlih yang bertugas itu berjumlah 3.893 orang dalam melakukan pendataan dan penelitian (Coklit) dari tanggal 24 Juni hingga 11 Juli 2024 sudah mencapai 78 persen.

Menurutnya, petugas Pantarlih ada laporan mingguan kepada PPS, PPK maupun KPU, dan ada juga KPU monitor melalui e-coklit, Pantarlih juga bekerja manual melalui e-coklit.

“Kalau dirata-rata di hari ini (Kamis 11 Juli 2024) itu diangka 78 persen,” katanya kepada redaksi siarnitas.id di kantor KPU Tangsel, pada Kamis (11/7/2024).

Baca Juga : KPU Kota Tangerang Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat PPK

“Kita turun kemarin itu dalam rangka memastikan bagaimana capaian Pantarlih dimasing-masing kelurahan, agar tanggal 24 Juli 2024 sebagai hari terakhir itu, semua bisa selesai 100 persen,” tambahnya.

Ketua KPU Tangsel menjelaskan persoalan masing-masing di wilayah itu berbeda-beda, maka PPS, PPK dan KPU melakukan mitigasi dan menyelesaikan persoalan.

“Kalau persoalan nya terkait dengan komplek maka ada Political Will dari Pemerintah Kota dalam hal ini Lurah, Camat dimana diharapkan menyampaikan pada masyarakat bahwa Coklit ini bagian dari melindungi hak pilih, melindungi pendataan untuk akurasi daftar pemilih yang akurat, presentif dan mutakhir,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga dibarengi dengan Coklit secara ceremoni tokoh, publik figur dalam rangka memberikan testimoni dan inspirasi kepada masyarakat.

“Petugas Pantarlih kita kan jelas ya diberikan atribut resmi, maka jangan khawatir bahwa ini dalam rangka menyusun daftar pemilih yang bagian penting dari awal sampai akhir, dan juga memastikan daftar pemilih ini tidak menjadi persoalan dikemudian hari,” imbuhnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini