Beranda Uncategorized Kolaborasi Branding, Naikkan Pangsa Pasar dan Benefit

Kolaborasi Branding, Naikkan Pangsa Pasar dan Benefit

591
0

Siarnitas.id – Dari pada menjadi pesaing dalam bisnis lokal, ada baiknya menjadi rekan berbisnis dan bersama berkolaborasi untuk mencetak produk baru, lewat kolaborasi branding banyak keuntungan yang akan didapatkan, peningkatan pendapatan dan peningkatan konsumen oleh kedua belah pihak.

Hal itu di sampaikan Ivan Taufik Iskandar selaku owner Seblak Ceker Naga pada acara ruang diskusi Linkubator dengan mengangkat tema ‘Kolaborasi Brand Se- ‘Cihuy’ Apa Sih ?’ yang diselenggarakan Minggu lalu (28/3/2021).

Acara ini diikuti puluhan pelaku UMKM Lokal di Kabupaten Majalengka dengan menghadirkan beberapa brand lokal Majalengka yang saat ini tengah menjalin kolaborasi seperti Kopi Apik X Rempah Embassy dan Seblak Ceker Naga X BesokSenin, kolaborasi ini tidak hanya menyangkut soal produk melainkan persekutuan dagang untuk menciptakan sebuah ekosistem, Seblak Ceker Naga X BesokSenin dengan Seblak Laut BesokSenin nya dan Kopi Apik X Rempah Embassy dengan persekutuan dagangnya.

Menurutnya, peningkatan pangsa pasar ini bisa dilihat dari jumlah produk Seblak Laut Besoksenin, selama masa program kolaborasi mampu menjual sekitar 3.000 bowl produk kolaborasi tersebut.

“Total penjualan dari kerjasama kita dengan besok senin hampir sampe 3.000 kemasan, sedangkan secara rating, ini mampu mengalahkan 10 menu Seblak yang ada di SCN dengan rating peringkat ketiga walaupun produk Seblak Laut Besoksenin ini masih baru,” kata Ivan Taufik Iskandar.

Ivan mengaku berkolaborasi dengan besok senin tersebut mendapatkan beberapa keuntungan satu sama lain, terutama pengguna Instagram untuk meningkatkan jumlah follower pada platform sosial market placenya dalam hal ini instagram official seblak ceker naga.

“Pertumbuhan followernya diangka 1% ya, tadinya dari 10k sekarang hampir 12k lah,” Ucap Ivan.

Selain dari dua hal tersebut, Ivan mengatakan kolaborasi hanyalah strategi. Kita perlu tahu dulu masalah apa yg kita hadapi.Apakah solusinya dengan berkolaborasi? Bisa ya dan bisa tidak.

“Kalau iya tetapkan tujuannya dulu. Apakah untuk meningkatkan brand image / citra merk? Meningkatkan penjualan? Meningkatkan follower?” Tukas Ivan.

Agar berjalan baik. Hak dan kewajiban masing masing brand harus disepakati bersama.

“Kolaborasi bisa tercipta jika kedua brand sudah terjalin hubungan baik sebelumnya,” pungkas Ivan. (Fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini