Beranda Eksekutif Ketua KPU Tangsel Ungkap Tiga Tahapan Krusial di Tahun Politik 2024

Ketua KPU Tangsel Ungkap Tiga Tahapan Krusial di Tahun Politik 2024

185
0
KPU Tangsel Taufik
Foto: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) M. Taufik

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) M. Taufik mengungkapkan, ada tiga tahapan krusial menghadapi tahun politik 2024.

Tiga tahapan itu antara lain, tahapan penetapan daftar pemilih, tahapan masa kampanye, dan tahap pemungutan suara.

Baca Juga : KPU Tangsel Terima 18 Parpol Untuk Pileg 2024

“Dari 11 tahapan, ada tiga tahapan yang paling krusial. Daftar pemilih, persoalan kampanye, dan pemungutan serta penghitungan suara,” kata Ketua KPU Tangsel, Taufik dikantornya, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, tahapan penetapan daftar pemilih, berimbas pada data base, logistik, dan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) dan pembentukan badan ad hoc, hingga akurasi data pemilih.

“Karena akan berimbas kepada data base terkait dengan logistik, pemetaan TPS, nanti pembentukan badan ad hoc. Maka proses daftar pemilih itu juga bagian yang sangat krusial,” ungkap Taufik.

“Yang kedua kampanye. Karena jadwalnya diperpendek. Baik itu kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun kampanye legislatif,” sambung dia.

Dirinya menjelaskan, masa kampanye yang sebelumnya 150 hari, dengan Peraturan KPU (PKPU) terbaru, menjadi 75 hari.

“Sehingga dengan pendeknya jadwal, kan akhirnya jadi krusial juga. Apalagi kita belum tahu proporsional terbuka atau tertutupnya. Sehingga tentu partai partai juga nanti gamang dalam melaksanakan,” jelas Taufik.

Dirinya menuturkan, untuk hal krusial selanjutnya tentang persoalan pemungutan dan perhitungan suara. Karena Pileg 2024 mendatang, tidak jauh beda dengan tahun 2019 lalu.

Baca Juga : Ratusan Pejabat dan ASN 2022 Dilantik, Walikota Tangsel: Jangan Dibiasakan Berlama-lama Untuk Memulai Tugas

“(Hal krusial) Berikutnya adalah tentu internal kita gitu ya. Soal pemungutan dan perhitungan suara. Karena serentak kan. Memang tidak jauh berbeda dengan tahun 2019,” tegasnya.

Persoalan krusial ketiga, sambung Taufik, rekapitulasi perhitungan suara menjadi titik, yang perlu diantisipasi.

“Persoalan rekapitulasinya itu yang menjadi hal yang sangat krusial. Kira-kira di titik itulah ya yang tersisa,” pungkas Taufik.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini