Beranda Yudikatif Kapolri Perankan Wayang Lakon Wahyu Makutharama, Begini Penjelasannya

Kapolri Perankan Wayang Lakon Wahyu Makutharama, Begini Penjelasannya

190
0
Kapolri
Foto: Gelar budaya pagelaran wayang kulit

siarnitas.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerankan wayang kulit dengan lakon Wahyu Makutharama. Hal itu dilakukan dalam pagelaran wayang kulit bersama TNI di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (3/2/2023).

Lakon tersebut, Lanjut Sigit, itu tersirat ajaran Hasto Broto, tentang sifat cerminan alam yang harus dimiliki pemimpin untuk dijadikan teladan.

Baca Juga : Seragam Satpam Ganti Warna Lagi, Begini Kata Kapolri

“Yang jelas hari ini kita akan melaksanakan pagelaran wayang kulit dengan judul Wahyu Makuthorama. Di mana, di dalamnya mengajarkan tentang ajaran Hasto Broto,” kata Sigit kepada wartawan.

Menurutnya, itu mengandung nilai-nilai filosofi tentang kepemimpinan, tentang apa yang harus dilakukan sehingga masyarakat bersama pemimpinnya. Kemudian, memiliki hubungan yang saling mendukung.

“Pemimpin bisa mengayomi rakyatnya. Demikian juga rakyat juga memahami apa yang menjadi tugas pemimpinnya,” lanjut Sigit.

Pagelaran itu didalangi Ki MPP Bayu Aji Pamungkas, Ki Harso Widisantoso, Ki Yanto, dan Ki Sri Kuncoro. Ki Harso merupakan anggota TNI AL berpangkat Mayor Laut, sementara Sri Kuncoro ialah anggota Polri dari satuan Brimob.

Dengan adanya gelaran wayang dengan lakon tersebut, Sigit berharap jajaran TNI-Polri dapat mengambil makna dari arti cerita wayang itu. Apalagi, saat ini telah memasuki tahun politik.

Baca Juga : Kapolri Mutasi Ratusan Kapolres, Ini Daftar Lengkapnya

“Karakter-karakter yang baik ini tentunya akan semakin memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat khususnya menghadapi tahun politik,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini