Beranda Kota Tangerang Kapolda Metro Jaya Cetuskan Pembentukan Polisi RW

Kapolda Metro Jaya Cetuskan Pembentukan Polisi RW

22
0
Kapolda Metro Jaya
Foto: Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran

siarnitas.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut Ketua Rukun Warga (RW) menjadi garda terdepan di masyarakat, lantaran memiliki peran penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya agar tetap kondusif.

Hal itu dalam penyampaian Irjen Pol Fadil Imran saat menghadiri acara Guyup Ketua RW se-Kota/Kabupaten Tangerang di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Sabtu (25/2/2023).

Baca Juga : Kapolri Perankan Wayang Lakon Wahyu Makutharama, Begini Penjelasannya

“Ketua RW memiliki peran sebagai garda terdepan. Banyak masalah ditangani dan perjuangannya di tengah masyarakat telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran sampai kepada harga diri,” kata Fadil Imran.

Dihadapan Pangdam Jaya Mayhen TNI Untung Budiharto dan PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Fadil mengungkapkan akan mencetuskan pembentukan polisi RW.

“Polisi RW bertugas menekan tindak kriminalitas di lingkungan. Peran RW sangat solid, terbukti berpengalaman menangani Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga : Kapolda Cup 2022, Polda Metro Jaya Gelar Lomba Menembak Rayakan HUT Ke-73

Baca Juga : Kapolri Mutasi Ratusan Kapolres, Ini Daftar Lengkapnya

Polisi RW tersebut, lanjut Fadil, juga akan difungsikan untuk membaca situasi dan mencegah keributan di masyarakat dengan cepat dan tepat untuk meminimalisasi gangguan kamtibmas.

“Polisi RW wajib mendatangi RW, minimal seminggu sekali untuk mendengarkan, kemudian mencatat, menganalisa lalu menyelesaikan persoalan yang terjadi, kalau masalah Kamtibmas tentu dengan Polres, kalau pemerintah daerah,” jelas Fadil.

Baca Juga : Seragam Satpam Ganti Warna Lagi, Begini Kata Kapolri

Hadir pula pada acara tersebut, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Walikota Arief R Wismansyah, Dandim 0506/TGR Letkol Inf Ali Imran dan Ketua DPR Gatot Wibowo.

 

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

Artikulli paraprakImbas Proyek MRT Fase 2A, Ini Rute Halte Sementara TransJakarta
Artikulli tjetërGodfather of Broken Heart, Google Doodle Kenang Didi Kempot

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini