Dua Cara Ini Bikin Gas Elpiji Awet, Emak-emak Pasti Senang

gas elpiji
Ilustrasi

siarnitas.id – Memasak menjadi rutinitas bagi oleh siapapun terutama ibu rumah tangga alias emak-emak, apalagi keperluan memasaknya seperti bahan bakar utama yaitu gas elpiji dapat awet atau tidak boros. Tentu emak-emak pasti senang.

Perkembangan jaman yang terus meningkat tentunya menjadikan kebutuhan menjadi lebih mudah. Seperti dahulu kayu bakar hingga minyak tanah dijadikan sarana utama untuk memasak.

Berbeda dengan sekarang, memasak sudah beralih menggunakan bahan bakar berbentuk gas elpiji. Memang terbilang sangat praktis namun belum tentu ekonomis. Pasalnya sering kali jadi permasalahan  emak-emak kalau gas elpiji cepat habis.

Kenapa itu terjadi? Hal itu terjadi karena cara penggunaan saat memasak, diantaranya:

Pertama, memasak makanan yang memerlukan waktu lama agar menjadi matang. Hal itu juga yang menjadi sebab gas boros atau tidak awet.

Kedua, pemasangan dan fungsi regulator yang kurang baik sehingga terjadi kebocoran halus yang tanpa diketahui, juga menjadi sebab penggunaan gas elpiji dapat berlebihan saat memasak.

Tapi tenang! Semua ada jalan keluarnya. Para emak-emak pasti senang, ini cara awet penggunaan gas elpiji.

1. Pastikan selalu membersihkan kompor gas secara berkala

Kompor yang bersih tentunya membuat para emak memasak merasa nyaman dan masakan terhindar dari kuman (higenis).

Tapi tahu tidak, kompor yang rutin dibersikan secara berkala membuat saluran gas menghasilkan api biru yang sempurna. Dengan begitu panas yang dihasilkan akan maksimal untuk memasak sehingga masakan cepat matang dan gas yang digunakan tidak banyak terpakai.

2. Gunakan Perangkat Masak Berbahan Stainless

Kebanyakan perangkat masak yang digunakan saat ini masih berbahan alumunium. Perangkat ini sering digunakan karena harga yang lebih murah.

Tapi tahukah anda, alumunium bukanlah penghantar panas yang baik Penghantar panas terbaik adalah stainless steel.

Dengan menggunakan perangkat masak berbahan stainless steel tentu makanan akan lebih cepat matang. Jika makanan cepat matang artinya gas juga semakin irit dan tidak terpakai banyak.

Demikian tips singkat ini. Gas elpiji awet, kantong hemat, emak-emak pasti senang. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here