Beranda Eksekutif DSDABMBK Tangsel Putus Kabel Provider Melintang di Tiang

DSDABMBK Tangsel Putus Kabel Provider Melintang di Tiang

174
0
Kabel Provider di Tangsel
Foto: DSDABMBK Tangsel memutus kabel provider di Jalan Ciater.

Tangerang Selatan, siarnitas.id – Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Jabodetabek memutus paksa kabel provider yang masih melintang di tiang.

Pemutusan kabel provider itu dilakukan sepanjang jalan Ciater Raya, Kota Tangsel pada Senin (27/11/2023).

Kasie Perencanaan Jalan dan Jembatan pada Dinas SDABMBK Tangsel, Ramdhan Arafat mengatakan, dalam menyambut HUT Tangsel ke-15 pihaknya menata kota sesuai instruksi dari pak Walikota dan pak Wakil Walikota untuk tiang kabel udara memilih kabel bawah tanah.

Baca Juga : Hendak Wawancara Kepala BPN Tangsel Usai Paripurna HUT ke-15 Tangsel, Kok Kajari Tangsel Yang Jawab, “Geer” Banget Deh

“Kalau kita lihat jalan raya Ciater memang kabel atas sangat crowded sekali, makanya melalui DSDABMBK Tangsel kami melakukan relokasi yang dimana kita ada dua lokasi jalan Ciater dan Pamulang 2,” kata Ramdhan di lokasi.

Menurutnya, pelaksanaan untuk kabel bawah tanah, pihaknya sudah 3 bulan yang lalu dan sudah berjalan, sehingga akses para operator pun sudah.

“Sehingga pada hari ini kita melaksanakan pemutusan kabel udara dan pemotongan tiang eksisting,” jelasnya.

Dikatakan Ramdhan, pihaknya untuk melakukan tindakan tersebut sudah berkomunikasi dengan Apjatel dan pihaknya sudah sosialisasi ke rekan-rekan operator untuk melakukan pemutusan.

“Seandainya ada operator yang komplain memang sudah tidak berlaku lagi, karena ini waktu sudah lumayan lama kita sampaikan kurang lebih dua bulan lalu untuk teknis pemutusan hari ini,” ucap Ramdhan.

“Kalau untuk jalan Ciater ini kurang lebih hampir 2 km, dan untuk operator ada 15 operator,” sambung dia.

Dirinya menargetkan, untuk jalan Ciater akhir tahun ini sudah selesai semua, untuk jalan Parakan benda dari kita di bulan Februari 2024.

“Jadi nanti sudah tidak ada lagi kabel Internet yang di atas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua APJATEL Jabodetabek, Anton F. Belnis mengatakan pihaknya telah banyak mensupport apa yang di perintahkan oleh Dinas terkait.

“Di Jalan Ciater kita harus merapikan semua kabel udara yang memang cukup semrawut dan juga ada yang mengganggu aktivitas warga,” kata Anton di lokasi.

Dirinya menuturkan, untuk pelaksanaan ini sendiri pihaknya siapkan infrastruktur nya dulu di bawah trotoar, setelah selesai infrastruktur nya baru melakukan aktifasi dan pemutusan kabel udara.

“Kita menghimbau kepada seluruh operator kalaupun ada pelanggan-pelanggan yang baru terkait kebutuhan baik di perkantoran maupun di kebutuhan swasta lainnya akan internet, itu tidak ada lagi tarikan kabel udara di ruas jalan Ciater ini, jadi mereka harus melakukan lewat kabel bawah tanah,” tegas Anton.

Menurutnya, kalau sudah ada yang mulai lagi satu kabel tarik baru terhadap permintaan pelanggan, ini bakal diikuti oleh kabel-kabel yang lain.

Baca Juga : HUT Tangsel ke-15, Benyamin: Mempertebal Kecintaan, Rasa Memiliki dan Kepedulian Terhadap Kota

“Kita berharap juga dari dinas dan juga masyarakat kalau ada hal seperti ini tolong di sampaikan ke dinas bahwa mereka tidak melakukan penarikan kabel udara lagi,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, apabila ada yang masih bandel, operator yang melakukan penarikan kabel ke udara, masyarakat bisa langsung memutus kabel tersebut.

“Silahkan diputus, dan kalau ada pasang tiang di jalan relokasi yang sudah kita sepakati di potong aja dan tidak ada masalah ke depan,” tandasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini