Beranda Eksekutif Dinkes Tangsel Optimis Angka Stunting Turun Capai 7 Persen di Tahun 2023

Dinkes Tangsel Optimis Angka Stunting Turun Capai 7 Persen di Tahun 2023

161
0
Dinkes di Tangsel
Foto: Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), dan Rumah Sakit Umum (RSU), di Ruang Blandongan, Pemerintah Kota Tangsel, Ciputat, pada Rabu (22/2/2023).

siarnitas.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alin Hendalin Mahdaniar menyebut pihaknya sangat optimis di tahun 2023 angka Stunting bisa mencapai 7 persen.

Hal itu disampaikan saat memaparkan materi dalam kegaitan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), dan Rumah Sakit Umum (RSU), di Ruang Blandongan, Pemerintah Kota Tangsel, Ciputat, pada Rabu (22/2/2023).

Baca Juga : Hebat! Dinkes Tangsel Berhasil Turunkan Angka Stunting Capai Angka 9 persen

“Jadi rasanya akan optimis sekali di 2023 ini kita harus turun di angka 7 persen,” kata Alin dalam memaparkan materinya.

Ia menuturkan, pihaknya mempunyai tugas yang sangat berat, karena Dinkes Tangsel optimis berupaya menggencarkan memutus rantai penyakit Stunting di kota Tangerang Selatan.

“Tugas kita terberat adalah bagaimana kita bisa memutus rantai supaya Stunting ini jangan sampai ada kasus baru,” tuturnya.

Dinkes Tangsel, lanjut Alin, melakukan survey di tahun 2023 sampai bulan Februari, yang dilakukan oleh ahli gizi dari 113 ribu balita yang mengalami Stunting hanya 1 persen di Kota Tangerang Selatan.

“Apabila melihat data yang ada berdasarkan elektronik pencatatan dan pelaporan gizi masyarakat yang didapatkan oleh teman-teman ahli gizi dilapangan, dari 133 ribu balita yang ada di Tangsel yang tercatat sebagai balita pendek dan sangat pendek yang dikategorikan sebagai Stunting saat ini hanya 1 persen,” ungkap Alin.

Baca Juga : Cara Dinkes Tangsel Tekan Stunting: Holistic, Terintegrasi, dan Berkualitas

Sebelum itu, ia menyampaikan hal ini berkat dari kolaborasi antar OPD angka Stunting bisa turun di tahun 2022 lalu mencapai angka 9 persen.

“Berkat kolaborasi kita bersama lintas sektor kita selesaikan di liding sektor Stunting di Tangsel ini bisa turun dari 19,9 persen di 2021 berdasarkan survei status gizi Indonesia dan juga di 2022 kemarin turun di angka 9 persen,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnita.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini