Beranda Ragam Berikut Ini Olahraga Untuk Kesehatan Jantung

Berikut Ini Olahraga Untuk Kesehatan Jantung

175
0
Olahraga jantung
Ilustrasi olahraga yoga.

siarnitas.id – Berolahraga bukan hanya membakar kalori dalam menurunkan berat badan, tetapi bisa menyehatkan setiap organ di dalam tubuh kita, terutama jantung.

Ahli jantung dari American College of Cardiology, Lance LaMotte menjelaskan olahraga dapat membantu mengendalikan faktor risiko kardiovaskular seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Baca Juga : Tangsel Jadi Tuan Rumah Kejurda Olahraga Sambo, Begini Respon Pemkot

Walaupun segala bentuk olahraga dapat menyehatkan, namun ada beberapa latihan yang berfokus pada penguatan kondisi jantung secara khusus. Simak ulasan berikut ini;

1. Latihan interval

Olahraga yang dimaksud ini adalah menjaga agar latihan tetap pendek dan intens dilakukan berulang-ulang dengan diikuti periode istirahat dan durasi sama atau lebih pendek di antara gerakan.

Latihan interval adalah pilihan yang baik ketika Anda kekurangan waktu, tetapi ingin berkeringat. Contohnya senam aerobik dengan total latihan 15 menit.

2. Angkat beban

Angkat bebas atau angkat besi merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan detak dan meningkatkan kekuatan jantung.

Studi menemukan bahwa mengangkat beban dapat mengurangi risiko stroke atau serangan jantung sekitar 40% hingga 70%.

3. Berjalan

Berjalan sama bermanfaatnya dengan berlari, tetapi lebih ringan pada tubuh. Ini mudah dilakukan di mana saja dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat ketika mempercepat langkah.

“Berjalan adalah latihan intensitas rendah yang terbukti bermanfaat bagi jantung, terutama saat berjalan dengan langkah cepat dan mengayunkan lengan,” kata ahli jantung Suzanne Steinbaum.

4. Yoga

Olahraga selanjutnya adalah Yoga, dikenal dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, serta membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri. Latihan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

5. Renang

Berenang merupakan olahraga yang sebagian orang paling disukai. Olahraga renang ini untuk seluruh tubuh akan berdampak baik pada persendian, tetapi juga memberikan beberapa ‘pukulan’ kardio.

Baca Juga : Peringati HPN 2023, PWI Tangsel Gelar Turnamen Badminton dan Tenis Meja

Olahraga ini membuat paru-paru dan jantung kuat, bahkan membantu menurunkan tekanan darah. Berenang menjadi pilihan aerobik yang bagus jika Anda baru pulih dari cedera.

Itulah beberapa olahraga dalam menyehatkan gantung kita, Anda paling suka yang mana?. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan tubuh Anda ya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini