Beranda Eksekutif Basarnas Lepas 47 Personel Bantu Operasi SAR di Turki

Basarnas Lepas 47 Personel Bantu Operasi SAR di Turki

160
0
Basarnas
Foto: pelepasan Basarnas untuk bantu turki

siarnitas.id – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melepas 47 personel ke Turki untuk membantu operasi SAR.

Pelepasan tersebut, untuk membantu Tim Kemanusiaan Gempa Bencana Gempa Bumi Turki. Kegiatan tersebut digelar di Lanud Halim Perdanakusuma pada Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga : Pria Tewas Idap Penyakit Epilepsi Saat Mancing di Pandeglang Banten

Para petugas yang diberangkatkan telah lulus dalam penilaian Search and Rescue Advisory Group atau INSARAG External Classification (IEC).

Artinya puluhan personel tersebut telah bersertifikat international dan kapabel untuk memberikan bantuan SAR untuk negara lain yang membutuhkan bantuan Urban SAR (USAR).

Dalam pelepasan itu, Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan untuk membantu korban terdampak gempa di Turki.

Hal itu mengingat Indonesia – Turki memiliki hubungan diplomatik yang sudah berlangsung sejak lama.

“Oleh karena itu didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Turki sehingga Pemerintah Indonesia bermaksud memberikan bantuan berupa Emergency Medical Team, Middle Urban Search Rescue Team dan kebutuhan logistik serta peralatan bantuan lainnya yang akan dikirimkan secara bertahap,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga : Gempa Dahsyat Guncang Turki, Tewaskan 500 Orang Lebih

Tim diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C 130 dan Boeing 737. Total tim yang diberangkatkan yakni terdiri 62 orang dengan rincian 47 personel Basarnas dan 15 orang dari BNPB.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini