Beranda Eksekutif Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Menulis Kreatif dan Efektif di...

Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Menulis Kreatif dan Efektif di Website Literasi Sekolah”

488
0

Solo, 22 September 2022 – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema “Menulis Kreatif dan Efektif di Website Literasi Sekolah” bagi para guru dan pelajar di Jawa Tengah dan DIY. Webinar ini dimoderatori oleh Wahyu Rintoko Aji secara online.

Jika dilihat dari data We are Social Hootsuite (2022), per Februari, di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Meskipun Indonesia termasuk empat besar negara pengguna internet terbesar di dunia, Survei Badan Pusat Statistik tahun 2018 mengungkapkan bahwa keahlian berinternet masyarakat Indonesia memiliki skor paling rendah.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar ini dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya memanfaatkan internet secara wajar dan menghindari hal-hal yang membahayakan atau merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan membuka acara ini dengan memberi sambutan terkait pesatnya perkembangan digital di Indonesia yang perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk lebih produktif dalam memanfaatkan internet demi mewujudkan Indonesia makin cakap digital.

Menjadi pelajar kreatif di media sosial

Narasumber pertama, M. Muzaqi selaku Bendahara Relawan TIK Kota Tegal. Beliau menyampaikan terkait pemanfaatan website sekolah dapat digunakan untuk media informasi, promosi dan pembelajaran online. Website juga dapat meningkatkan kredibilitas sekolah sekaligus digital marketing bagi sekolah asalkan website difokuskan dengan konten-konten informasional, berintegritas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebajikan dalam bermedia digital.

Pembahasan lebih lanjut terkait menjadi pelajar kreatif di media sosial turut dipaparkan oleh narasumber kedua, Nia Nurdiansyah selaku Ketua @pasarsehatsmg, trainer, blogger, dan content creator. Beliau memaparkan terkait cara memproduksi konten yang baik yaitu dimulai dari penentuan jenis konten yang akan dibuat, alasan dan tujuan pembuatan konten, menggunakan kalimat efektif, melakukan riset sebelum karya dibuat, konsisten dalam berkarya.

Selanjutnya pemaparan materi dari Aulia Oktaviana seorang Voice Over Enthusiast melengkapi materi kedua narasumber sebelumnya. Beliau menyampaikan terkait membangun personal branding di media sosial dapat dilakukan dengan membuat semua nama akun di media sosial dengan nama yang sama, memperbaharui profil secara berkala, menentukan jenis konten sesuai passion, menentukan tujuan dan target audiens. Beliau menyimpulkan bahwa setiap orang pasti memiliki personal branding nya masing-masing.

Acara ditutup dengan closing statement oleh narasumber dan dokumentasi yang dipandu moderator.

Dukungan positif masyarakat menjadikan Kemenkominfo terus memberikan edukasi melalui program Indonesia Makin Cakap Digital yang berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lainnya dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan channel Youtube Siberkreasi. (Ris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini