Beranda Eksekutif Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Tips dan Trik Membuat Konten...

Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan Tema “Tips dan Trik Membuat Konten Edukasi di Era Digital”

337
0

Solo, 19 September 2022 – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema “Tips dan Trik Membuat Konten Edukasi di Era Digital” bagi para guru dan pelajar di Jawa Tengah dan DIY. Webinar ini dimoderatori oleh Alifa Tsamratuz Zahirah secara online.

Jika dilihat dari data We are Social Hootsuite (2022), per Februari, di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Meskipun Indonesia termasuk empat besar negara pengguna internet terbesar di dunia, Survei Badan Pusat Statistik tahun 2018 mengungkapkan bahwa keahlian berinternet masyarakat Indonesia memiliki skor paling rendah.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar ini dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya memanfaatkan internet secara wajar dan menghindari hal-hal yang membahayakan atau merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan membuka acara ini dengan memberi sambutan terkait pesatnya perkembangan digital di Indonesia yang perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk lebih produktif dalam memanfaatkan internet demi mewujudkan Indonesia makin cakap digital.

Menjadi konten kreator edukatif

Narasumber pertama, Devi Purnamasari selaku Social Media Specialist. Beliau menyampaikan bahwa setiap media sosial memiliki karakter yang berbeda seperti Instagram yang mampu dimaksimalkan secara visualnya yang mampu menghasilkan foto ataupun video estetik. Menjadi konten kreator memiliki banyak keuntungan seperti dikenal banyak orang, memiliki jaringan luas dan menjadi manusia yang berpengaruh. Dalam membuat konten, perlu memerhatikan teknis dan kualitas, mengikuti trend dan konsisten dalam berkarya. Beliau menyimpulkan bahwa media sosial adalah ruang publik sehingga apa yang kita unggah akan dimaknai oleh orang lain dan menjadi brand bagi diri kita.

Pembahasan lebih lanjut terkait menjadi konten kreator edukatif turut dipaparkan oleh narasumber kedua, Ulfah Madiana selaku Fungsional Pranata Humas Disdikbud Provinsi Jawa Tengah. Beliau memaparkan terkait jenis konten yaitu konten informatif, konten hiburan, konten edukatif, konten testimonial. Konten edukatif bersifat informatif dan mengandung nilai positif. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat konten edukatif di era digital diantaranya dengan menentukan jenis konten atau ciri khas konten sesuai kemampuan, konsisten dalam berkarya, berusaha meningkatkan kualitas konten, memahami berbagai jenis platform media sosial, mengamati hal yang sedang menjadi trend, mengemas konten dengan bahasa yang ringan.

Selanjutnya pemaparan materi dari Hatta Hatnansya Yunus selaku Kepala Balatkop UKM Jateng melengkapi materi kedua narasumber sebelumnya. Beliau menyampaikan terkait tingkat penggunaan media sosial di Indonesia yang tinggi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi konten kreator edukatif. Konten edukatif merupakan konten atau informasi yang tersedia melalui berbagai media yang berfungsi mencerdaskan audiens, menarik perhatian audiens, memancing audiens untuk berinteraksi dan menjadi strategi marketing brand bagi konten kreator. Beliau menyampaikan terkait kunci sukses dalam membuat konten edukasi yaitu segmen pasar, kreativitas, konsisten dan berinteraksi.

Acara ditutup dengan closing statement oleh narasumber dan dokumentasi yang dipandu moderator.

Dukungan positif masyarakat menjadikan Kemenkominfo terus memberikan edukasi melalui program Indonesia Makin Cakap Digital yang berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lainnya dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan channel Youtube Siberkreasi. (Ris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini