Waspada! Ini Penyakit Berbahaya Bagi Kaum Rebahan

Kaum rebahan
Ilustrasi

siarnitas.id – Pandemi Covid-19 membuat kita sering beraktivitas di rumah, baik kegiatan belajar mengajar, work from home (bekerja dari rumah), dan lainnya. Kegiatan itu kerap menghabiskan waktu di rumah dan tak disadari kita menjadi kaum rebahan.

Gaya hidup seperti itu, tentu saja tidak baik bagi kesehatan bagi kaum rebahan. Kurang gerak dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti berikut:

1 Penyakit Jantung

Untuk memompa darah ke seluruh tubuh jantung membutuhkan banyak aktivitas fisik agar dapat bekerja secara optimal. Namun, apabila tubuh kurang aktif bergerak dan banyak menghabiskan waktu sambil rebahan kondisi jantung kamu bisa melemah.

Tidak hanya itu, timbunan lemak dalam tubuh yang tidak terbakar juga dapat membuat kinerja jantung menjadi lebih berat dan dapat berakibat pada melemahnya fungsi jantung.

2. Stroke

Aktivitas fisik yang kurang, dapat menjadi penyebab tersumbatnya aliran darah karena otot-otot tidak aktif melakukan peregangan. Sel saraf pengatur dalam otak juga dapat melemah karena tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari darah.

3. Masalah Persendian

Banyaknya pekerjaan rumah membuat hampir semua kegiatan dilakukan hanya sambil duduk atau rebahan saja. Hal ini akan membuat tubuh menjadi kurang bergerak.

Terlalu banyak rebahan akan membuat persendian menjadi kurang terlatih. Hal ini berbahaya karena dapat menjadikan sendi kaku bahkan kram. Punggung bagian bawah juga akan terasa sakit karena lama tidak melakukan aktivitas fisik sehingga kehilangan kekuatan dan fleksibilitas otot.

4. Obesitas

Kekurangan gerak badan akan membuat tubuh kamu menjadi susah membakar lemak dalam tubuh. Terlalu lama rebahan juga dapat membuat kamu menjadi mudah merasa lapar.

Banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh tenpa adanya aktivitas pembakaran kalori yang seimbang, akan sangat rentan bagi seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Untuk mencegah hal itu semua, kamu dapat melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti melakukan peregangan atau sekadar berjalan-jalan kecil agar tubuh kamu tidak benar-benar kaku.

Jangan sampai terlambat lakukan sekarang, sehat adalah nikmat tanpa batas. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here