Beranda Eksekutif Wakil Walikota Tangsel Tinjau Proyek Pengendalian Banjir: Jaga Daerah Aliran Sungai

Wakil Walikota Tangsel Tinjau Proyek Pengendalian Banjir: Jaga Daerah Aliran Sungai

248
0
Wakil walikota Tangsel
Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichan bersama rombongan saat tinjau proyek pengendalian banjir.

siarnitas.id – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan kembali meninjau proyek pengendalian banjir. Kali ini ada dua titik lokasi pembangunan tandon dan tanggul yang hari ini didatanginya bersama rombongan.

Kedua yakni pembangunan di tandon Puri Bintaro Hijau 2 RT 002/RW 012, Kelurahan/Kecamatan Pondok Aren, dan penataan Kali Engram Gintung segmen Griya Mandiri di Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

Baca Juga : Pilar Tinjau Alun-alun Pamulang: Sudah Capai 60 Persen

“Saya berharap masyarakat dapat menjaga tandon kita,” kata Pilar saat di Puri Bintaro Hijau, Kecamatan Pondok Aren, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, tandon berfungsi sebagai tempat penampungan air. Aliran air dari pemukiman sekitar yang biasa tergenang saat curah hujan tinggi maka dialirkan ke tandon tersebut.

Pilar berpesan kepada masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan di bibir tandon. Bangunan yang didirikan oknum masyarakat dapat mempersempit daya tampung volume air.

“Juga jangan buang sampah sembarangan,” terangnya.

Ditempat kedua, Pilar mengatakan, sementara penataan Kali Engram diperlebar untuk memperlancar aliran air dari perumahan warga ujungnya ke Situ Gintung.

Diameter lebar Kali Engram ditambah dari awalnya 2,5 meter menjadi 2,8 meter. Bibir aliran kali dibangun tanggul sepanjang 542 meter.

“Tapi Alhamdulillah ini sampai ke jembatan sudah 70 persen insya Allah sampai akhir November atau awal Desember sudah selesai,” kata Pilar saat meninjau di Kali Engram Gintung, Jalan Purnawarman, Pisangan.

Ia melihat masalah klasik yang bukan hanya terjadi seperti di Kota Tangsel saja tapi diyakini juga daerah lainnya. Masih banyak masyarakat yang membangun hunian atau tempat usaha yang menjorok ke daerah aliran sungai.

Pilar berjanji mulai tahun depan akan melakukan penertiban terhadap bangunan yang berada di garis sepadan sungai. Ia telah berpesan kepada lurah untuk segera melakukan komunikasi dengan warga pemilik bangunan.

“Walaupun merasa sudah lama tapi saya yakin sekarang warga masyarakat sadar kepentingan umum adalah hal yang utama,” tegasnya.

Terpisah sebelumnya, Ketua RT 09 RW 012 Puri Bintaro Hijau, Tri Utami menyatakan senang karena kini lingkungannya sudah punya tandon yang diharapkan bisa menampung debit air kala curah hujan tinggi. Ia berharap tandon dapat berfungsi dengan baik.

“Sebelumnya kalau hujan banjir beberapa jam. Tapi sekarang hanya genangan air dan itupun cepat surut,” ujarnya.

Baca Juga : Pilar Tinjau Proyek Pembangunan Turap dan Pelebaran Kali Cibenda

Tri Utami berjanji bersama warga sekitar akan menjaga aset tandon agar lingkungan Puri Bintaro Hijau tak lagi banjir.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini