Stasiun Tertinggi di Indonesia ada di Jawa Barat, Ini Dia Nama Stasiunnya

0
stasiun di indonesia
Foto ilustrasi (siarnitas.id) Stasiun Tertinggi di Indonesia ada di Jawa Barat, Ini Dia Nama Stasiunnya

siarnitas.id – Indonesia saat ini, mempunyai 125 stasiun Kereta Api yang memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Namun, siapa sangka terdapat salah satu stasiun tertinggi di Indonesia. Ada yang bisa tebak apa nama stasiunnya?

Stasiun tertinggi di Indonesia ini berada di daerah Jawa Barat. Ialah Stasiun Nagreg (NG), yang berada di Nagreg, Jawa Barat. Stasiun yang terletak di Daerah Operasi II Bandung ini hingga kini masih aktif menjadi stasiun untuk penumpang.

Baca Juga : Sambut Hut Ke-77 RI , PT KAI Bagikan Harga Tiket Menarik

Stasiun yang dioperasikan sejak tahun 1890 ini berada di ketinggian +848 mdpl dan hingga kini masih beroperasi untuk menaikturunkan penumpang.

Dilansir situs Heritage KAI, stasiun ini terletak 50 m dari jalan raya Bandung-Tasikmalaya. Tak jauh dari Stasiun Nagreg terdapat Situs Kendan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Kendan.

Stasiun Nagrek sendiri memiliki tiga jalur, termasuk satu jalur spoor lurus. Namun, kini hanya dua jalur saja yang aktif. Medan jalur di stasiun ini pada bagian barat dan timur terbilang curam.

Perlu diketahui, stasiun yang tertinggi di Indonesia adalah Stasiun Cikajang, Garut, Jawa Barat, yang berada di ketinggian 1.246 mpdl. Namun, sayangnya stasiun ini sudah berstatus non-aktif pada tahun 1983.

Baca Juga : Pemkot Tangsel Gelar Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Cilenggang Serpong

Oleh karena itu, Stasiun Nagreg kini dinobatkan sebagai stasiun aktif tertinggi di Indonesia. Apakah Anda tertarik mengunjunginya?

Baca berita dan informasi lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini