Beranda Uncategorized Puncak Tejo destinasi wisata baru binaan HMI cabang Pacitan

Puncak Tejo destinasi wisata baru binaan HMI cabang Pacitan

1088
1

Beberapa alternatif pilihan objek wisata saat wisatawan berkunjung ke Pacitan. Selain pantai dan sungai, ada destinasi wisata alam lainnya yang bisa didatangi. Salah satunya adalah perkebunan kopi Bukit Tejo yang cocok untuk wisata edukasi perkebunan kopi.

Bukit Tejo terletak di Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam baru di Pacitan yang dikembangkan pemerintah desa setempat.
Daerah ini dikenal dengan kopi Tejo. Produksi kopi dilakukan oleh warga masyarakat,” ujar andi Penggiat wisata desa gembuk, senin (29/03/2021).

Menurut andi, nama Tejo dalam bahasa Jawa berarti terbit atau lahir. Namun masyarakat sekitar sering menyebut Tejo kepanjangan dari tempat jodoh sebagai bahan kelakar atau obrolan ringan.

Di puncak Bukit Tejo ada areal tanah lapang yang bisa tanah digunakan untuk aktivitas outdoor seperti hiking, outbond atau berkemah. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai wisata edukasi bagi pelajar atau masyarakat umum.

“Selain berkeliling melihat perkebunan kopi bisa melihat melihat langsung proses pembuatan kopi Tejo,” imbuh andi yang juga bendahara umum HMI cabang pacitan.

Andi mengungkapkan, komunitasnya bekerjasama dengan Kanca Ngalas Pacitan mengajak rombongan pelajar SD dan SMP ke Bukit Tejo dan juga para pelancong dari beberapa daerah. Kegiatan tersebut sekaligus mengenalkan kawasan Bukit Tejo sebagai wisata edukasi di Pacitan.

“Menurut kami, desa-desa di Pacitan bisa menggali potensi wisata di daerahnya menjadi destinasi wisata baru seperti Bukit Tejo ini,” ujar andi.

Pengembangan wisata di desa, lanjut andi, sekaligus menjadi menggerakkan perekonomian masyarakat. Sekarang hasil kopi tejo sudah di dipasarkan di bumdes setempat.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini