Siarnitas.id Pemerintah Daerah Majalengka melalui Dinas Perhubungan melaunching Aplikasi Sistem Kir 1 Lajur Antrian Terintegrasi (SIK1LAT) Digital.

Aplikasi ini untuk mempermudah layanan KIR terkait uji kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

Kepala Bidang Teknik Keselamatan dan Angkutan Dinas Perhubungan, Aditya Dwi Prasetyo, mengatakan aplikasi aplikasi SIK1LAT mobile mempermuda pada layanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Majalengka, sekaligus sebagai kampanye transaksi Non Tunai menggunakan QIRS bagi masyarakat Majalengka.

“Pemda Majalengka dan Bank BJB berkolaborasi menerapkan digitalisasi penerimaan retribusi salah satunya pembayaran online Non Tunai Pengujian kendaraan bermotor terintegrasi lewat Aplikasi SIK1LAT,” kata Aditya

Dia memaparkan Alikasi SIK1LAT ini nantinya akan menerapakan pembayaran melalui e-channel (teller, ATM, ibanking BJB Digi) dan QRIS merchant BJB.

Pada ssat yang sama juga dilakukan digitalisasi pada angkutan dalam kota (Angkot) yakni Angkot SEHAT Raharja (Siap, Ekonomis, Higienis, Aman dan Tertib) yang pembayarannya dilakukan lewat sistem QRIS

“Jadi nantinya penumpang bayar angkot hanya tinggal scan kode QR yang ada didalam angkot tersebut dan tidak membayar pake uang tunai,” Jelas Aditya

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, menyampaikan bahwa terkait peluncuran sistem aplikasi SIK1LAT ini merupakan salah satu bentuk jawaban dari tuntutan di era digitalisasi dimana harus terus menerus melakukan inovasi di berbagai aspek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini