Menparekraf Sandiaga Uno : Desa Wisata Pemasukan Lain Bagi Desa dan Masyarakat

Siarnitas.id – Desa ialah suatu wilayah yang terbentuk oleh unsur-unsur fisiografis sosial, ekonomi, politik, dan kultural dalam hubungan dan pengaruh timbal baliknya dengan daerah-daerah lain di sekitarnya.

Keadaan fisiografis yang berbeda antar wilayah akan melahirkan beberapa kemajemukan estetika lingkungan, yang mana mampu menciptakan peluang daya tarik wisata yang akan menghasilkan pemasukan lain bagi masyarakat maupun pemerintahan desa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah berupaya untuk menaikan dunia kepariwisataan di Indonesia untuk setara dengan kelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah serta kesejahteraan rakyat.

Konsekuensi dari itu, menparekraf menggalakan program program desa wisata. Dia berharap program tersebut dapat memulihkan kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Karena pandemi maka desa terpaksa harus mencari cara untuk dapat survive dan menghasilkan pendapatan lain yang tidak sekedar berpangku pada pekerjaan mayoritas masyarakatnya saja,” Kata Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima oleh siarnitas.id, Selasa (1/5/2021).

Kendati Sandiaga, dengan mengusung konsep desa wisata hal tersebut akan menambah nilai tambah desa kearah pendekatan ekonomi kreatif.

Untuk itu pihaknya meminta desa harus meningkatkan keterampilan masyarakatnya agar dapat menciptakan karya mandiri untuk mengangkat wajah dan keunggulan desa.

“Untuk beradaptasi dalam situasi pandemi Covid-19 saya minta desa bisa mendorong masyarakatnya untuk terus berinovasi. Nantinya kreatifitas dan destinasi wisata terjual dalam satu paket supaya lebih unik dan menarik,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here