Beranda Ragam MAN IC Serpong Buka Jalur SNPDB Siswa Internasional Tahun 2023

MAN IC Serpong Buka Jalur SNPDB Siswa Internasional Tahun 2023

372
0
Man IC Serpong
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong

siarnitas.id – Sekolah unggulan di bawah Kementerian Agama (Kemenag) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong mulai membuka jalur Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) bagi siswa internasional pada tahun 2023.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong Abdul Basit mengatakan, saat ini MAN IC masih menunggu revisi soal penerimaan jalur internasional tersebut.

Baca Juga : Bandel! Gerai Mie Gacoan Serpong Disegel Lagi Oleh Satpol PP Tangsel

“Yang berbeda di 2023 ini, kita menerima siswa dari jalur internasional. Tapi, kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) yang sedang direvisi. Tapi, jalur tersebut memang baru dibuka di tahun 2023 ini,” kata Basit, Senin (9/1/2023).

Menurutnya, beberapa Juknis yang membedakan dengan SNPDB tahun sebelumnya antara lain, tidak adanya penjurusan bagi siswa kelas 10, seperti tahun yang lalu.

“Kalau tahun lalu, atau tahun-tahun sebelumnya, pada saat siswa mendaftarkan ke MAN IC, itu langsung ada penjurusan ke IPA atau IPS. Tahun ini, tidak ada,” tegas Basit.

Lebih lanjut, tahun ini tidak ada penjurusan bagi kelas 10, karena pakai Kurikulum Merdeka. Ia menyebut, dalam pendaftaran yang terpenting adalah memenuhi standard dan rekomendasi dari sekolah asal.

“Karena sekarang pakai Kurikulum Merdeka, jadi tidak ada penjurusan di Kelas 10. Yang terpenting adalah masyarakat wajib memenuhi standar pendaftaran, salah satunya adalah surat rekomendasi dari sekolah asal, yang cukup dibuat satu saja,” ungkapnya.

Basit menerangkan, SNPDB tahun 2023, MAN IC membuka seluas-luasnya bagi siswa/i di dalam provinsi. Secara keseluruhan, siswa/i di dalam provinsi mendapatkan kuota lebih besar, dibanding dengan luar provinsi.

Baca Juga : Swiss-Belhotel Serpong Kini Hadirkan Sajian Terbaru di awal tahun 2023

“Contoh, kalau sekolah itu Rombongan Belajar (Rombel) nya lebih dari 5, maka sekolah itu bisa mendaftarkan 15 siswa/inya, kalau kurang dari 5 (Rombel), sekolah bisa mendaftarkan 10 siswa,” jelas Basit.

Berbeda dengan luar provinsi. Kalau kurang dari 5 Rombel, sekolah hanya bisa mendaftarkan 5 siswa. Kalau Rombelnya lebih dari 5, maka hanya bisa 10 siswa yang didaftarkan,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia SNPDB MAN IC Serpong Ihsan Suryadi menuturkan, di tahun 2023 pihaknya memberikan kesempatan yang sangat besar bagi putra/i daerah, khususnya wilayah Banten.

“Pada prinsipnya kami membuka seluas-luasnya bagi putra daerah, ditandai dengan jumlah kuota yang lebih besar seperti yang disampaikan Bapak Kepala tadi,” ujar Ihsan.

Jadi, semakin banyak kuota yang diberikan kepada putra daerah, jadi semakin besar kesempatan mereka bisa bersekolah di MAN IC Serpong,” lanjutnya.

Dalam SNPDB tahun ini, kata Ihsan, tetap melalui seleksi, namun kali ini titik lokasi tes seleksi akan ditentukan oleh panitia.

“Karena pandemi, kita tes seleksinya di rumah masing-masing. Tahun ini berbeda, nanti akan dilaksanakan secara daring, dari titik-titik yang sudah panitia tentukan,” tutur Ihsan.

Baca Juga : Gegera Uang Rp 250 Ribu, Karyawan Total Buah Dibunuh di Serpong

“Contoh di Provinsi Banten nanti di Serang dan Pandeglang. DKI Jakarta ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, untuk menjangkau wilayah terdekat. Di Jawa Barat, ada di Bogor dan Bandung,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

(bam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini