Beranda Eksekutif Labkesda Tangsel Resmi Beroperasi Dengan Fasilitas dan Pelayanan Akurat

Labkesda Tangsel Resmi Beroperasi Dengan Fasilitas dan Pelayanan Akurat

540
0
Labkesda Tangsel
Foto: gedung labkesda Tangsel

siarnitas.id – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah resmi beroperasi dengan berbagai fasilitas pelayanan untuk masyarakat Tangsel dan umum.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdis Dinkes) kota Tangsel, Indra Gunawan mengatakan, pemeriksaan laboratorium memegang peranan penting dalam penegakkan diagnosa penyakit sehingga dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga : Labkesda Tangsel Resmi Beroperasi

Maka dari itu, hadirnya Labkesda Tangsel ini untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Tangsel dan umum dengan harga yang terjangkau.

“Fasilitas yang ada itu untuk pemeriksaan klinis dan kesehatan masyarakat. Contohnya kalau klinis seperti cuci darah rutin, kolesterol, DBD, narkoba dan sebagainya,” kata Indra usai kegiatan peresmian Labkesda Tangsel, BSD, Tangsel, pada Rabu (8/3/2023).

“Kalau kesehatan masyarakat lebih ke lingkungan pemeriksaan kualitas air, kualitas udara dan sebagainya. Kalau klinis untuk penunjang diagnosis, kalau kesmas di tekan untuk usahanya,” sambung dia.

Indra menjelaskan, Labkesda biasanya dari pasien rujukan puskesmas untuk melakukan pengambilan sampel, sehingga pasien tersebut bisa mengantar sampel. Labkesda tersebut bisa perorangan untuk check up secara berkala.

“Radiologi labkesda ini adalah tempat rujukan dimana biasanya pasien dari puskesmas itu akan dibawa kesini dan mengantar sampel atau ada yang perorangan yang sudah tau untuk menjaga kesehatan nya untuk check up berkala mereka sudah datang sendiri,” ungkap Indra.

Perlu diketahui, Labkesda Tangsel merupakan Labkesda pertama di provinsi Banten yang memperoleh 3 sertifikat akreditasi yaitu akreditasi KALK oleh kemenkes, ISO 17025 (lab kesmas) dan ISO 15189 (lab medik) oleh BSN (badan standarisasi nasional).

Dengan adanya pengakuan dari lembaga sertifikasi akreditasi membuktikan komitmen Labkesda untuk terus menjaga mutu pemeriksaan dan pengujian laboratorium sehingga dapat bersaing dengan laboratorium/klinik swasta khususnya yang ada di kota tangerang selatan.

Baca Juga : Sekda Tangsel Tegaskan ASN Harus Netral Pemilu 2024

Gedung labkesda yang baru ini terdiri dari 5 lantai dimana;

lantai 1 : lobby

lantai 2 : resepsionis/penerimaan sampel

lantai 3 : administrasi/manajemen

lantai 4 : laboratorium medik

lantai 5 : laboratorium kesmas

“Dinas Kesehatan sebagai induk organisasi senantiasa mensupport setiap kegiatan yang dilakukan oleh Labkesda untuk kemajuan kesehatan masyarakat kota Tangsel, Kita selalu maksimal kan pelayanan di Labkesda agar pemeriksaan kita tepat akurat dan cepat,” pungkas Indra.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari siarnitas.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini